Soal Gedung Baru, DPR Dipermainkan Oknum PU

Marzuki Alie (Demokrat)
Sumber :
  • Antara/ Fanny Octavianus

VIVAnews - Ketua DPR, Marzuki Alie, mengatakan sejumlah anggota Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) marah kepada Kementerian Pekerjaan Umum. Pasalnya, sejak awal Kementerian itu yang merekomendasikan kalkulasi Rencana Anggaran Biaya pembangunan gedung baru DPR tapi kemudian kalkulasi itu berubah-ubah.

Ketika rapat dengan Kementerian itu Senin lalu, DPR menyampaikan kemarahan itu. "BURT marah karena dipermainkan seperti itu. Seolah-olah dipermainkan oknum. Harus dipahami ini produk siapa. Keputusan anggaran memang di BURT, tapi hitungan-hitungan teknis itu tim," kata Marzuki di Gedung DPR, Rabu 25 Mei 2011.

Marzuki menyatakan, pembangunan gedung baru seharusnya berpatokan pada rencana strategis pengembangan kapasitas DPR. Dan Marzuki melihat, hitungan teknis yang dibuat PU dan Sekretariat Jenderal DPR berubah-ubah. DPR, kata Marzuki, tak pernah menghitung teknis seperti itu.

"Mereka hitung 27 lantai, kemudian naik 33, naik 36 lantai," kata Marzuki.

Kemudian standar biaya pembangunan, harga, luas bangunan ditentukan oleh PU. DPR sendiri tidak paham soal begitu, kata Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat itu.

"DPR jangan diobok-obok, seolah-olah ini permainan DPR," katanya. "Harus dipahami ini produk siapa. Keputusan anggaran memang di BURT, tapi hitungan-hitungan teknis itu tim," kata Marzuki.

Yusril soal Megawati Jadi Amicus Curiae: Belum Tentu Pengaruhi Hasil Sengketa Pilpres
CEO Apple Tim Cook.

Apple CEO Tim Cook to Visit Indonesia for Investment Discussion

Minister of Communication and Information Technology, Budi Arie Setiadi confirmed that Apple Chief Executive Tim Cook visit Indonesia today (Wednesday, April 17).

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024