Fraksi Demokrat Izinkan Nazar ke Singapura

Bendahara Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews – Ketua Fraksi Demokrat Jafar Hafsah menegaskan, Muhammad Nazaruddin tidak melarikan diri ke luar negeri. Ia hanya meminta izin berobat ke Singapura, tanpa menyebut secara spesifik nama rumah sakit yang ia tuju.

“Dia mengirim surat izin zakit, dan sudah kami setujui. Jadi Nazaruddin bukan lari ke luar negeri. Surat izinnya tertanggal 23 Mei, dan sudah kami setujui,” kata Jafar kepada VIVAnews, Jumat 27 Mei 2011. Selain tidak menyebut nama rumah sakit tempatnya berobat, Nazaruddin juga tidak memberikan keterangan berapa lama ia akan berobat.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar mengungkapkan, Nazaruddin sudah pergi ke Singapura sehari sebelum KPK mengirimkan surat permohonan cekal. Anggota Komisi VII DPR itu pergi tanggal 23 Mei 2011 pada pukul 19.30, dengan pesawat Garuda.

Pada tanggal yang sama, sore sebelum Nazaruddin terbang ke Singapura, ia bertemu dengan Ketua DPR Marzuki Alie yang juga Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat. Mereka bertemu di kantor Marzuki di Gedung Nusantara III DPR RI. Dalam pertemuan tersebut, hadir pula Ketua DPP Demokrat Max Sopacua.

Marzuki mengatakan, saat itu ia hanya memberi sedikit nasehat untuk Nazaruddin agar tabah menghadapi persoalan yang menimpanya. Marzuki mengaku tidak tahu sedikit pun bahwa saat itu Nazaruddin akan pergi ke Singapura. “Tidak ada kaitan apa pun dengan saya. Dia mau ke mana, itu urusan dia sendiri,” tandas Marzuki.

Pada tanggal 23 Mei itu pula, malam harinya, Dewan Kehormatan Partai Demokrat mengumumkan pencopotan Nazaruddin dari jabatannya sebagai Bendahara Umum Demokrat. Nazaruddin dinilai melanggar etika partai, dan diberi kesempatan untuk menyelesaikan berbagai perkara yang membelitnya.

Jafar menekankan, Fraksi Demokrat menyerahkan sepenuhnya persoalan Nazaruddin kepada pihak yang berwenang. “Kami serahkan ke lembaga hukum sesuai norma-norma yang ada,” kata dia. (eh)

Trade Minister Reveals Cause of Onions Price Hike
Jasa membersihkan lampu mobil.

6 Cara Ampuh dan Mudah Bersihkan Mika Lampu Mobil yang Kusam

Lampu mobil menjadi salah satu komponen penting, karena menyangkut dengan keselamatan pengendara dan juga pengguna jalan lainnya. Maka itu, mika lampu jangan sampai kusam

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024