Yohannes Bridal Injak Bisnis Kebaya

Kebaya Yohannes Bridal
Sumber :
  • weddingku.com

VIVAnews - Siapa tak kenal Yohannes Bridal? Rumah mode milik Yohannes E Yunarko ini begitu sohor dengan gaun pengantin bergaya internasional. Meski identik dengan rancangan gaun mekar menjuntai, rumah mode ini ternyata juga merancang kebaya pengantin.

"Kalau pakai nama bridal itu biasanya identik dengan gaun pengantin internasional. Tapi, ada juga yang memesan dibikinkan kebaya, mungkin sekitar 30 persen pelanggan saya," ujar Yohannes saat konferensi pers pra-event Grand Wedding Expo ke-16.

Perancang yang memulai kariernya dari bisnis salon ini memulai merancang kebaya modern lima tahun lalu. Tidak banyak yang tahu memang. Baru sekitar dua tahun lalu orang mulai sadar saat ia memamerkan kebaya rancangannya di sebuah pameran pernikahan. "Ketika itulah banyak yang mulai menyadari bahwa Yohannes Bridal juga bikin kebaya," ujarnya.

Namun, Yohannes merasa rancangannya belum memiliki 'nyawa'. Terhitung baru di dunia kebaya modern, ia berusaha menonjolkan ciri khas dalam setiap kebaya rancangannya.

Sama seperti gaun pengantin internasional rancangannya, kebaya modern kreasinya juga mengandalkan ragam aplikasi di garis leher, dada, pinggang, dan lengan. Motifnya, ukiran yang diuntai manis dengan kristal dan payet. "Tapi, tahun 2012 saya mungkin akan mencoba menggunakan aplikasi dari mutiara yang sempat ngetren di tahun 2000-an," ujarnya.

Yohannes pun menggunakan bahan-bahan yang biasa digunakan perancang-perancang kebaya seperti lace, brokat Prancis, tile yang ditempel dengan aplikasi, atau lace yang dipotong-potong.

Tak seperti gaun pengantin internasional yang disewakan dengan kisaran harga Rp5-20 juta, kebaya rancangannya dapat dibeli dengan menambah 50 persen dari harga sewa. "Biasanya, klien datang ke saya, minta rancangannya seperti apa karena saya tidak ada (kebaya) ready stock," ujarnya.

Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya
Ilustrasi anak-anak .

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Dalam masa golden age itu, terjadi juga perkembangan kepribadian anak dan pembentukan pola perilaku, sikap, serta ekspresi emosi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024