Parpol Bergeming, SK Menteri Terbit

Dua hari lalu, pemerintah menyuratkan seluruh parpol peserta pemilu 2009 agar memberi masukan pada draft peraturan kampanye via jasa telekomunikasi. Jika para peserta pemilu tidak memberikan tanggapan atau masukan, maka Menkominfo akan menerbitkan SK sebagai tanda disahkannya draft yang ada sementara ini.

Hal tersebut disampaikan Menteri Komunikasi dan Telematika Mohammad Nuh di sela-sela "Peresmian Layanan Contact Center Telkom dan Garuda Indonesia" di Jakarta, Kamis 15 Januari 2009.

"Bila sampai dua minggu ke depan, terhitung sejak diterbitkannya pengumuman tersebut, kami tidak mendapatkan tanggapan atau masukan apa pun dari partai peserta pemilu, maka SK Menteri akan segera dikeluarkan," kata Nuh.

"Artinya, partai-partai peserta pemilu dinilai telah menyepakati rancangan aturan kampanye via jasa telekomunikasi yang dicanangkan pemerintah," tambahnya.

Hingga saat ini, Nuh mengatakan, belum ada partai politik yang mengajukan tanggapan atau masukan pada Depkominfo. Menurutnya, hal itu disinyalir karena barunya diterbitkan pengumuman terkait keterlibatan parpol dalam penyusunan draft peraturan kampanye via jasa telekomunikasi dua hari lalu.

Nuh mengatakan, pihak pemerintah sengaja mengajak seluruh partai politik untuk selanjutnya dapat menjadi masukan kepada pemerintah terkait penyusunan rancangan tersebut. "Kan tidak santun apabila aturan langsung disahkan secara sepihak oleh pemerintah saja," ucap Nuh.