Dieng Siaga, PMI Waspada Gas Beracun

Kawah Sileri di kawasan Dieng, Kepakisan, Batur, Banjarnegara, Jateng.
Sumber :
  • Antara/ Anis Efizudin

VIVAnews -- Sejak Minggu malam, 29 Mei 2011, Gunung Dieng di Jawa Tengah naik status menjadi Siaga atau Level III. Kepala Palang Merah Indonesia (PMI) Banjarnegara, Edi Purwanto mengatakan, pihaknya telah melakukan antisipasi bencana.

"Ada tiga aspek yakni asessmen, logistik dan dapur umum. Yang lain tetap, namun lebih fokus di situ," kata Edi saat dihubungi VIVAnews.com, Senin 30 Mei 2011.

Terkait gas beracun, Edi mengaku pihaknya belum membagikan masker pada masyarakat. "Masker kami belum menyediakan karena harganya masih mahal, namun kami menampung jika ada yang ingin memberikan bantuan," kata dia.

Untuk sementara, masker baru dibagikan pada para petugas yang memantau Dieng. Menurut dia, masyarakat akan tetap aman jika mematuhi informasi yang diberikan pihak berwenang. "Yang penting mengikuti instruksi badan penanggulangan bencana," kata dia.

Sebelumnya, badan penanggulangan bencana telah melarang warga mendekati Kawah Timbang karena mengeluarkan gas CO2 yang bisa mengganggu pernafasan. Meski dalam prakteknya, ada juga warga yang nekat beraktifitas dalam jarak 3 kilometer dari kawah.

Terkait gas beracun itu, Palang Merah Indonesia Provinsi Jawa Tengah siap melakukan evakuasi terhadap warga Desa Sumberejo yang tinggal di dekat sekitar gunung Dieng, Wonosobo.

Sebanyak 140 kepala keluarga (KK) atau sekitar 510 jiwa dari desa Sumberejo Dusun Simbar, dan 151 KK atau sekitar 669 jiwa dari Dukuh Serang, dan ratusan warga Dukuh Kaliputih siap untuk dievakuasi. (sj)

Kutukan Sungkyunkwan Scandal: 5 Pemerannya Terjerat Kontroversi Bertubi-tubi!
Febri Diansyah dan Rasamala Usai Diperiksa Penyidik KPK

Jaksa KPK Panggil Febri Diansyah dkk ke Sidang SYL, Ini Alasannya

Jaksa KPK akan memanggil Febri Diansyah dkk dalam sidang kasus dugaan pemerasan dan gratifikasi di Kementerian Pertanian (Kementan) dengan terdakwa mantan Mentan SYL.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024