Duka 100 Penderita Cacat Korban Gempa DIY

Gempa di Kota Padang
Sumber :
  • AP Photo/Achmad Ibrahim

VIVAnews -- Gempa tektonik mengguncang Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu 27 Mei 2006. Ribuan bangunan terguncang hebat, di antaranya bahkan runtuh, rata dengan tanah.

Tak hanya menewaskan lebih dari 2.000 orang, lindu juga menyebabkan ribuan orang kehilangan anggota badan, tertimpa bangunan yang rubuh.

Kini, lima tahun berselang, dampak akibat musibah itu belum semua diselesaikan. Lebih dari 100 penyandang cacat berat akibat gempa belum tertangani dengan baik.

Kepala Dinas Sosial, Pemkab Bantul -- salah satu wilayah terdampak gempa terparah, Mahmudi menyatakan pada awal kejadian gempa sekurangnya 300 warga Bantul mengalami cacat berat dan harus menjadi tanggungan keluarga. Dari jumlah tersebut yang hingga saat ini mendapatkan bantuan dari pemerintah melalui APBN baru mencapai 198 orang. Sisanya menjadi tanggung jawab sepenuhnya keluarga.

"Panti rehabilitasi akibat gempa di Pundong, Bantul juga tidak bersedia menerima karena yang diutamakan adalah penyandang cacat yang masih dapat dimotivasi untuk dapat hidup mandiri," terangnya, Senin, 30 Mei 2011.

Ditambahkan dia, dalam satu tahun pemerintah  baru dapat meluluskan 100 penyandang cacat yang siap untuk hidup mandiri dengan bekal ketrampilan yang diperoleh selama di panti rehabilitasi. "Serta bantuan alat dan modal sesuai dengan keahlian yang diperoleh selama di panti rehabilitasi,"paparnya.

Mahmudi menyatakan penyandang cacat akibat gempa di Bantul sendiri mencapai 7.000 warga, namun demikian setelah 5 tahun gempa berlalu, sebagian besar sudah sembuh dan beraktivitas normal. Pada tahun 2011 ini penyandang cacat yang akibat gempa di Bantul  yang butuh sentuhan pemerintah dalam kisaran 3.000 orang.

Selain penyandang cacat, permasalahan lain akibat gempa SIY adalah banyaknya orang lanjut usia (lansia). Khusus lansia terlantar,  Pemkab Bantul sendiri juga telah menganggarkan bantuan sebesar Rp 300 ribu per bulan.

"Bagi lansia terlantar yang telah meninggal maka daftar tunggu selanjutnya akan menggantikan lansia yang meninggal tersebut. Bantuan kepada lansia terlantar ini diberikan agar keluarga tidak jatuh semakin miskin,"pungkasnya.

Laporan: Juna Sanbawa| DIY

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol
Mobil patroli polisi (FOTO ILUSTRASI)

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur

Mobil patroli Polsek Setiabudi, yang berhasil dibawa kabur oleh pelaku jambret, yang beraksi di Jalan HR Rasuna Said, Karet, Kuningan, Jakarta Selatan, sudah diketemukan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024