Dalang Rusuh Temanggung Dituntut Satu Tahun

Sihabudin (berpeci), salah satu tersangka kerusuhan Temanggung
Sumber :
  • Antara/ Anis Efizudin

VIVAnews - Dalang kerusuhan Temanggung,  Syihabbudin  hari ini menjalani sidang tuntutan di Pengadilan Negeri Semarang, Selasa 31 Mei 2011.

Dalam sidang yang berlangsung tiga jam tersebut, Syihabuddin, menurut jaksa penuntut umum secara sah dan meyakinkan melanggar pasal 160 KUHP tentang penghasutan. Tim Jaksa Penuntut umum menyebutkan bahwa tak ada satupun fakta yang disangkal Syihabuddin. "Karenanya kami memohon kepada majelis hakim untuk menjatuhkan pidana kurungan selama satu tahun," kata JPU.

Menanggapi  tuntutan jaksa, Syihabuddin mengaku kecewa dan merasa  menjadi korban kezoliman penguasa. "Kalau soal pledoi, semua nanti biar diurus tim kuasa hukum saya. Namun saya merasa didzolimi secara hukum terhadap apa yang tidak saya lakukan," jawab dia.

Sebelumnya, suasana sidang sempat memanas ketika ratusan santri  pendukung Syihabuddin tidak diperbolehkan memasuki ruang sidang.  "Alasannya apa? Sidang ini adalah sidang terbuka, kok kami tidak boleh masuk," seorang santri memprotes.

Suasana berangsur normal, saat  kerabat  Syihabuddin yakni Achmad Fathudin dari Kabupaten Semarang mengajak para santri berdzikir agar Syihabuddin dituntut ringan.

Dalam ruang sidang yang lain, sembilan terdakwa kasus yang sama tengah menyampaikan  pledoi. Mayoritas mereka menyebutkan bahwa perusakan yang terjadi lebih disebabkan karena histeria saja, bukan direncanakan.

Pekan lalu seorang terdakwa yakni Suprianto yang juga dianggap dalang kerusuhan hanya dituntut 7 bulan penjara.

Kerusuhan Temanggung yang terjadi Februari silam berawal dari tidak puasnya warga terhadap vonis pelaku penistaan agama. Rusuh yang  berlangsung di muka gedung pengadilan meluas hingga ke kota.

Akibatnya tiga gereja dan sejumlah sarana publik mengalami kerusakan. Sebanyak 25 orang dijadikan tersangka termasuk Syihabuddin yang didakwa sebagai dalang kerusuhan.

Laporan : Puspita Dewi| Semarang, umi

Jaksa KPK Panggil Febri Diansyah dkk ke Sidang SYL, Ini Alasannya
Pemain Teater Musikal Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai

Keren Banget, Sherina Main Teater Musikal Bareng Anak-Anak Sekolah

Sebagai pemeran utama dalam pertunjukan teater musikal ini, Sherina Munaf mengaku sangat bangga melihat anak-anak sekolah yang sangat pandai bermain musik orchestra.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024