Dokumen yang Membeberkan Kasus Andi Nurpati

Mahfud MD
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD membeberkan dokumen yang menyebut nama politisi Partai Demokrat Andi Nurpati dalam laporan tindakan kriminal ke kepolisian. Nurpati dilaporkan karena diduga memalsukan surat MK terkait sengketa hasil pemilihan.

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?

Dia diduga merekayasa surat yang memenangkan Dewi Yasin Limpo, politikus Partai Hanura, padahal sebenarnya MK memenangkan Mestariyani Habie, politikus Partai Gerakan Indonesia Raya.

Dokumen laporan ini mementahkan pernyataan kepolisian yang menyatakan tidak ada nama Nurpati dalam laporan itu. "Pada halaman 2 butir 5 baris ke-2 dari bawah, clear menyebut nama Andi Nurpati yang menerima surat asli, tapi tidak digunakan dan malah menggunakan surat palsu," kata Mahfud sambil menunjukkan dokumen itu di Jakarta, Selasa malam, 31 Mei 2011. (Lihat dokumen di bawah artikel ini)

Mahfud mengatakan, kepolisian sebenarnya sudah proaktif menindaklanjuti temuan itu dengan mendatangi MK hingga dua kali. "Saya berikan dulu garis besar masalahnya, sesudah itu seluruhan dokumen akan kami jelaskan," katanya.

Mahfud berprasangka baik bahwa polisi sebenarnya tidak menutup-nutupi kasus itu, melainkan hanya bertindak hati-hati. "Penyidiknya tahu [nama Nurpati], tapi Pak Boy [Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri Kombes Pol Boy Rafli Amar] dan Pak Salempang [Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri, Inspektur Jenderal Mathius Salempang] belum baca."

Sebelumnya, Salempang mengatakan laporan tertulis yang dikirim Mahkamah Konstitusi atas nama Mahfud MD tidak menyebut nama Andi Nurpati. "Surat itu sama sekali tidak menyebut nama itu," kata Mathius beberapa waktu lalu.

Mengenai laporan itu, Andi Nurpati menyatakan siap dipanggil polisi. Nurpati menyatakan, pidana Pemilu itu sudah selesai semua karena kedaluwarsa. "Seluruh pidana pemilu, kan sudah selesai semua, dengan batas waktunya habis," kata Nurpati.

Dokumen Andi Nurpati

Unilever Indonesia Cetak Laba Bersih Rp 1,4 Triliun Kuartal I-2024
Drama Crash

Drama Korea Crash Akan Tayang Perdana di Disney+ Hotstar pada 13 Mei 2024

Sebuah gebrakan baru dalam dunia hiburan akan segera hadir dengan kehadiran drama Korea yang menarik perhatian berjudul Crash. Drama ini akan tayang perdana pada 13 Mei.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024