BI Ragukan Target Ekonomi Pemerintah

Darmin Nasution Hadiri Rapat Pansus Bank Century DPR RI
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Bank Indonesia menilai pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan pemerintah pada 2012 sebesar 6,5-6,9 persen sulit tercapai. Alasannya, kemampuan suplai ekonomi sudah terpakai maksimal.

"Itu bukan berarti BI pesimis dari pemerintah, namun berbeda cara melihatnya," ujar Gubernur BI Darmin Nasution saat rapat kerja dengan Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Jakarta, Rabu, 1 Juni 2011.

Ia menjelaskan, suplai ekonomi yang terpakai maksimal membuat peningkatan investasi di luar infrastruktur sulit menaikkan pertumbuhan. Kenaikan pertumbuhan hanya bisa didorong dari investasi infrastruktur, kemudian ditambah faktor lain.

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak

"Itu yang menjadi perbedaannya. BI melihat kapasitas sudah terpakai penuh, maka tidak mudah menaikkan pertumbuhan dengan apa yang ada," ujarnya.

Meski enggan menyebutkan prediksi pertumbuhan ekonomi versi BI, Darmin menilai target pemerintah termasuk tinggi. "Sementara ini kami melihat range pertumbuhan yang disampaikan pemerintah sebesar 6,5-6,9 masih agak ketinggian. Kami cenderung ada di bawah itu," tambahnya.

BI mengingatkan, jika tidak ada perkembangan infrastruktur yang berarti, pertumbuhan ekonomi tinggi dirasa sulit. Kenaikan bisa terjadi, namun dengan skala kecil. Jika dipaksa naik, inflasi akan naik lebih cepat.

Namun, Darmin menegaskan infrastruktur tidak dapat dikerjakan dalam sekejap. "Tetapi yang namanya infrastruktur itu tidak dapat disulap dalam waktu satu tahun. Perlu waktu banyak untuk membenahinya," kata Darmin.

Ketika ditanya apa yang harus dilakukan pemerintah untuk mencapai target pertumbuhan ekonominya, menurut Darmin, harus ada langkah terobosan di pertengahan tahun ini. Pemerintah bisa memperbaiki infrastruktur strategis seperti memperlancar angkutan ke Tanjung Priok dan Tanjung Perak. "Itu masih bisa dilakukan," tuturnya.

Golkar: Kabinet Tidak Boleh Dibatasi karena Prerogatif Presiden

Indonesia diperkirakan mendapat investment grade dari lembaga peringkat dunia, sehingga akan meningkatkan minat investor. (art)

Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024