6-6-44: Penyerbuan Normandy

Pendaratan Pasukan AS di Pantai Normandy, Prancis
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Pada 67 tahun yang lalu, pasukan Sekutu pimpinan Inggris dan Amerika Serikat (AS) melakukan penyerbuan massal ke Prancis, yang saat itu dikuasai Jerman. Penyerbuan di pesisir wilayah Normandy di Prancis bagian barat itu merupakan momen menentukan dalam mengalahkan pasukan Nazi-Jerman di era Perang Dunia Kedua.

Laman The History Channel mengungkapkan bahwa penyerbuan yang dilakukan setelah tengah malam itu merupakan operasi militer terbesar yang melibatkan pasukan dari matra laut, udara, dan darat.

Pada tengah hari, bombardir Jerman dapat dilumpuhkan saat 135.000 pasukan darat Sekutu berhasil menguasai wilayah pesisir Normandy, menyusul rekan-rekan mereka yang sudah ditempatkan di garis belakang pertahanan musuh pada lewat tengah malam melalui misi terjun payung.

Diantara lima titik pendaratan di pantai, sektor Omaha Beach merupakan zona pertempuran paling sengit. Malam hari, 150.000 tentara Sekutu berhasil berkumpul di Normandy dan siap menggempur Jerman di bagian barat Eropa.

5 Kontroversi Chandrika Chika, dari Hubungannya dengan Thariq Halilintar hingga Tersandung Narkoba
Bakal capres Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto bersama ketum PKB Cak Imin di Jombang.

Prabowo Bakal Ketemu Cak Imin Pasca Penetapan KPU, PAN Bilang Begini

Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto menanggapi rencana pertemuan presiden terpilih Prabowo Subianto dengan Ketum PKB yang juga cawapres nomor 1 Muhaimin Iskandar.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024