Dieng Digoyang Gempa Beruntun

Panorama Alam di Pegunungan Dieng Wonosobo Jawa Tengah
Sumber :
  • VIVAnews/Adrozen Ahmad

VIVAnews – Aktivitas vulkanik di Gunung Dieng, Jawa Tengah, pagi ini, Senin, 6 Juni 2011, meningkat signifikan. Gunung berstatus 'siaga' itu, pada pukul 06.00 WIB digoyang gempa beruntun.

Berdasarkan keterangan Staf Khusus Presiden Bidang Bantuan Sosial dan Bencana Alam, Andi Arief, Dieng diguncang tujuh kali gempa hembusan, lima kali gempa vulkanik, satu kali gempa vulkanik dangkal, dua kali gempa tektonik lokal, dan satu kali gempa tektonik jauh.

Sementara itu, konsentrasi gas karbondioksida (CO2) di Kawah Timbang terekam maksimum sebesar 1,95 persen volume. Jumlah itu naik dari 0,86 persen volume pada pekan lalu. Padahal batas aman kandungan CO2 hanya 0,5 persen volume.

Saat ini, ratusan warga telah mengungsi dari wilayah berbahaya. Pengungsi yang berjumlah lebih dari 600 orang itu terbagi dalam 17 pos di Banjarnegara dan Wonosobo. (kd)

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024