Kuasa Hukum: Cirus Sinaga Tertekan

Kesaksian Cirus Sinaga
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews – Kuasa Hukum Cirus Sinaga, Tumbur Simanjuntak, mengungkapkan bahwa kliennya sangat tertekan dengan kasus yang menimpanya. Hal itu diperparah oleh penyakit yang diidap Cirus.

“Pak Cirus tertekan. Dia juga ada penyakit diabetes,” kata Tumbur di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin 6 Juni 2011. Seperti yang dikemukakan Tumbur, Cirus memang tampak lesu. Ia pun terlihat lebih kurus dari sebelumnya.

Namun Cirus mengaku dalam kondisi baik. “Sehat, sehat,” kata jaksa nonaktif itu. Cirus hari ini menjalani sidang perdananya di Pengadilan Tipikor. Sidang itu sendiri molor sekitar dua jam dari jadwal semula.

Dalam sidang perdana ini, Cirus akan mendengarkan pembacaan dakwaan atas perkara pemalsuan rencana tuntutan kasus Gayus Tambunan. Dugaan pemalsuan rencana tuntutan itu diketahui setelah Gayus Tambunan menunjukkan telah menerima dua rencana tuntutan yang berbeda dalam perkara penggelapan, pencucian uang, dan korupsi yang dia lakukan.

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 

Dari dokumen yang dipegang Gayus, diketahui kedua dokumen itu dikirim melalui mesin faksimili di kantor Jampidum. Rencana tuntutan pertama dengan nomor R 431/E.3/Ep/02/2010, berisi tuntutan pidana penjara satu tahun terhadap Gayus. Sementara rencana tuntutan kedua dengan nomor R 455/E.3 Ep/02/2010, berisi tuntutan satu tahun penjara terhadap Gayus, dengan masa percobaan satu tahun.

Untuk memperoleh rencana tuntutan itu, Gayus mengaku harus mengeluarkan uang sebesar Rp5 miliar kepada Haposan untuk diberikan kepada oknum kejaksaan. Namun, uang itu tidak cukup, sehingga Gayus harus memberi tambahan lagi sebesar US$50 ribu untuk mengubah rencana tuntutan dari Jampidum, dari pidana satu tahun penjara menjadi satu tahun percobaan. (adi)

Prabowo Subianto tiba di Malaysia.

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Menurut Sekjen AMMI Arip Nurahman, langkah dilakukan Prabowo ini, agar menjaga situasi tetap kondusif serta menghindari terjadinya perpecahan diantara sesama anak bangsa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024