Beda Penyelamatan Merpati dan Garuda

Pesawat Merpati
Sumber :
  • merpatikualalumpur.wordpress.com

VIVAnews - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Mustafa Abubakar menyatakan penyelamatan PT Merpati Nusantara Airlines berbeda dengan PT Garuda Indonesia Tbk. Sebab, kondisi Merpati terus merugi sejak lama.

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

"Kondisi Merpati sudah lama berdarah, maka diperlukan upaya khusus untuk menyehatkan maskapai itu," ujar Mustafa di Jakarta, Senin 6 Juni 2011.

Penyelamatan Merpati itu melibatkan PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA) yang juga mengusulkan berapa kebutuhan dana Merpati. Merpati tidak bisa diselamatkan dengan cara pelepasan saham seperti proses penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) yang dilakukan Garuda.

"Kalau Garuda IPO, Merpati mudah-mudahan dengan cara penyertaan modal negara (PMN), atau mungkin ada cara lain yang kami dalami," ujarnya.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan, penyelamatan Merpati dilakukan dengan mengombinasikan restrukturisasi. Caranya, restrukturisasi mengombinasikan penyertaan modal negara dan subsidiary loan agreement (SLA).

Golkar Terbuka Jika Jokowi-Gibran Mau Gabung: Amin, Kami Anggap Doa

Ia mencontohkan SLA seperti pinjaman dari China, sedangkan PMN merupakan suntikan dana pemerintah. "Saya menunggu PPA bersama Menteri BUMN untuk menyampaikan proposalnya, kemudian kami bahas," tuturnya.

Sementara itu, terkait dugaan penggelembungan dana dalam pembelian pesawat Merpati, Mustafa mempersilakan pihak lain untuk memeriksa dan meneliti. Yang penting konsentrasi restrukturisasi Merpati tetap berjalan.

"Kami mempersilakan jika ada institusi lain memeriksa dugaan mark up. Kami ingin Merpati lebih sehat, proses pengadaan transparan, agar publik mengetahui hal sebenarnya," ujarnya. (art)

Viral Obrolan Lawas Billy Syahputra dengan Chandrika Chika, Ibunya Singgung Soal Narkoba
Tangkapan layar anggota KPU RI Idham Holik saat rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat nasional di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat, 15 Maret 2024.

Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

KPU mengeklaim bahwa lembaganya sudah menjalin komunikasi secara pribadi kepada liaison officer atau naradamping pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024