Gus Choi Akui Tak Punya Bukti Syarifuddin

Effendy Choirie, Lily Wahid dan Priyo Budi Santoso
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews - Politisi Partai Kebangkitan Bangsa Effendi Choirie mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi sama Lily Wahid. Membawa informasi, keduanya meminta KPK mengembangkan pengusutan atas hakim Syarifuddin Umar.

Effendi yang biasa disapa Gus Choi meminta KPK tidak hanya terpaku pada kasus suap Syamsuddin. Dia dapat informasi bahwa hakim ini kerap memainkan perkara yang dia tangani. "Ketika memutus perkara, (Syarifuddin) selalu berdasar pada 'keuangan yang maha kuasa'. Siapa yang kasih uang besar, dia yang menang," kata Gus Choi di kantor KPK, Senin 6 Juni 2011.

Untuk itu, dia meminta KPK bekerja sama dengan Komisi Yudisial dan Mahkamah Agung untuk menelusuri kasus-kasus lain. Meski demikian, dia mengaku tidak mengantongi bukti tertulis soal sepak terjang hakim Syarifuddin.

BI Rate Naik Jadi 6,25 Persen, Begini Respons Dirut BRI

"Bukti tertulis, kami tidak punya, tapi informasi, kami punya," kata dia. Informasi ini dia dapat dari wartawan dan lembaga swadaya masyarakat  yang mengadu ke DPR.

Dua perkara Gus Choi dan Lily Wahid pernah ditangani hakim Syarifuddin, terkait pemecatan mereka dari PKB. “Jangan-jangan dari ribuan uang yang ditemukan di rumahnya, di dalamnya juga ada uang dari pihak tergugat dalam kasus saya,” kata Lily. (umi)

Pengacara Farhat Abbas.

Farhat Abbas Diperiksa Polisi Pekan Ini soal Laporan Penistaan Agama ke Pendeta Gilbert

Pengacara Farhat Abbas melaporkan pendeta Gilbert Lumoindong ke Polda Metro Jaya terkait dugaan penistaan agama.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024