PLN Akan Bangun Menara Tertinggi di Dunia

Menara SUTET Perusahaan Listrik Negara (PLN)
Sumber :
  • cbc.ca

VIVAnews - Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan membangun menara listrik tertinggi di dunia. Menara setinggi sekitar 376 meter ini dirancang bakal mengalahkan menara di China dan Eiffel di Prancis.

Menara listrik ini berfungsi menyalurkan listrik dari Jawa ke Bali yang disebut Bali Crossing, memiliki daya mencapai 3.000 MW. Rencananya, akan dibangun di Banyuwangi, Jawa Timur dan Gilimanuk, Jembrana, Bali.

"Tower ini akan menjadi tertinggi di dunia yaitu 376 meter. Selama ini yang tertinggi di RRC 370 meter," kata Presiden Direktur PT PLN, Dahlan Iskan, di Denpasar, Selasa, 7 Juni 2011.

Menara ini, sambungnya, memiliki kaki-kaki yang kuat yang ditancapkan pada lahan seluas lapangan sepak bola.

Ernando Ari Gagalkan Penalti, Timnas Indonesia U-23 Sukses Bekuk Australia

"Ini demi kepentingan Bali untuk 25 tahun ke depan. Kalau tower nanti jadi, Bali akan aman dalam 25 tahun," kata Dahlan.

Dahlan menjamin tower ini memiliki konstruksi yang sangat kuat, sehingga tahan dari ancaman hembusan angin paling kencang. PLN telah mempelajari segala ancaman alam dengan cermat. Kecepatan angin paling cepat di sekitar menara mencapai 59 meter per detik--ini yang tercepat dalam 100 tahun terakhir.

"Konstruksi ini kuat menghadapi kecepatan angin sampai 70 meter per detik," katanya.

Untuk mengatasi terpaan angin, tangan menara dibuat di ketinggian dengan bentangan kabel berjarak 70 meter untuk mencegah korsleting. Kabel akan menghubungkan kedua menara dan melewati Selat Jawa.

Pembangunan menara diperkirakan menelan dana Rp500 miliar, yang akan segera dimulai pada awal tahun 2012. Diperkirakan proyek ini akan rampung pada awal 2013, sebelum KTT APEC di mulai.

Saat ini, beban puncak di Bali mencapai daya 600 MW. Pada 10 tahun ke depan, dengan laju pertumbuhan normal 7 persen, maka diprediksi kebutuhan listrik di Bali akan mencapai 1.200 MW. (Laporan: Bobby Andalan, Denpasar | kd)

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary

Kasus Mayat Perempuan dengan Kondisi Wajah Hancur, Polisi Tangkap 3 Orang

Polisi telah mengetahui identitas mayat perempuan tersebut.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024