Jejak Nunun dari Waktu ke Waktu

Nunun Nurbaeti Daradjatun
Sumber :
  • grewnews

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi masih terus berupaya melacak keberadaan tersangka cek pelawat, Nunun Nurbaeti Daradjatun. Meski terendus di beberapa negara di Asia Tenggara, istri mantan Wakapolri itu tetap belum terlacak.

Awal perjalanan Nunun melanglang buana di luar Indonesia dimulai 2010. Dengan alasan sakit ingatan parah, keluarga dan dokter pribadi membawa Nunun terbang ke Singapura.

Inilah perjalanan Nunun:

23 Februari 2010

Direktorat Jenderal Imigrasi menyatakan Nunun Nurbaeti Daradjatun meninggalkan Indonesia pada 23 Februari 2010. Keluarga dan pengacara mengatakan Nunun menjalani rawat jalan di sebuah rumah sakit di negeri Singa. KPK baru mengajukan surat larangan ke luar negeri untuk Nunun pada 26 Maret 2010.

KPK sempat mengirim tim untuk mencari keberadaan Nunun di Singapura. Jika ketemu, KPK ingin mendapatkan second opinion mengenai sakit Nunun.

4 Februari 2011

Mantan Menteri Perindustrian Fahmi Idris mendatangi kantor KPK untuk menyerahkan bukti keberadaan Nunun di Bangkok, Thailand. Menurut Fahmi yang juga politisi Partai Golkar itu Nunun dalam keadaan segar bugar di sana.

KPK pun sempat mengirim tim ke Thailand untuk memulangkan Nunun. Selain itu, tim juga berkoordinasi dengan kejaksaan Thailand dan menyampaikan bahwa paspor Nunun telah dicabut. Namun, Kamis 2 Juni lalu, tim KPK pulang ke Tanah Air tanpa Nunun.

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

23 Mei 2011
Dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR, Ketua KPK Busyro Muqoddas mengumumkan Nunun Nurbaeti sebagai tersangka kasus cek pelawat. Dijelaskan Nunun sebetulnya sudah jadi tersangka sejak Februari 2011.

26 Mei 2011
Paspor Nunun resmi dicabut pihak Imigrasi. Meski demikian, Pemerintah dan KPK belum bisa memastikan di mana kini Nunun berada.

Mekanisme Sidang Sengketa Pileg 2024, MK Bagi 3 Panel Hakim

31 Mei 2011
Nunun dikabarkan ditangkap di Thailand. Namun KPK tidak mengonfirmasi penangkapan tersebut.

6 Juni 2011
Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar mendapat informasi Nunun meninggalkan Bangkok dan masuk Pnom Pehn, Kamboja pada 23 Maret 2011.  Menurut Patrialis, saat masuk Kamboja, paspor Nunun belum dicabut.

Waketum Nasdem Ahmad Ali Temui Prabowo Minta Dukungan Maju Pilgub Sulteng

7 Juni 2011
KBRI bekerjasama dengan Imigrasi Kamboja mencari jejak Nunun di negeri itu.

(umi)

Bule Amerika yang menganiaya pecalang di Bali ditangkap polisi

Aniaya Pecalang di Bali, Polisi Tangkap Dua Bule Amerika

Polisi menangkap dua turis asing berkewarganegaraan Amerika yang melakukan penganiayaan terhadap pecalang di Bali

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024