Australia Hentikan Ekspor Hewan Ternak ke RI

Sapi Australia
Sumber :
  • agmastes.com

VIVAnews - Australia hari ini menghentikan sementara semua ekspor hewan ternak ke Indonesia. Keputusan ini dibuat setelah muncul laporan bahwa hewan ternak asal Australia mengalami penyiksaan yang sadis sebelum disembelih di rumah-rumah jagal Indonesia.

Menurut harian The Wall Street Journal, penghentian ekspor itu diumumkan Menteri Pertanian Australia, Joe Ludwig. Penghentian ini berlangsung hingga enam bulan dan bisa sewaktu-waktu dicabut bila sudah ada jaminan bahwa penjagalan hewan ternak di Indonesia telah sesuai dengan prosedur yang disepakati.

"Industri ekspor ternak hidup yang berkesinambungan harus berlandaskan pada kemampuan untuk mengamankan kesejahteraan hewan," kata Ludwig, dalam pernyataan yang dikirim ke VIVAnews hari ini.

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?

"Perdagangan ke Indonesia hanya akan kembali berlangsung bila kami merasa yakin bahwa industri peternakan dapat memenuhi jaminan pasokan tersebut," lanjut Ludwig.

Pekan lalu, pemerintah Australia hanya menghentikan ekspor hewan hidup ke belasan rumah potong ternak di Indonesia. Keputusan itu muncul setelah adanya laporan investigasi dari suatu stasiun televisi mengenai perlakuan brutal dan penyiksaan hewan ternak di rumah-rumah potong yang bersangkutan sebelum disembelih.

Laporan televisi itu mengundang protes keras dari kalangan publik di Australia. Mereka menuntut pemerintah mengambil tindakan tegas atas perlakuan kejam hewan-hewan yang mereka ekspor ke Indonesia.

Indonesia dikenal sebagai pasar terbesar bagi ekspor hewan ternak Australia. Menurut kantor berita Associated Press, espor hewan ternak ke negeri ini mendatangkan pemasukan bagi Australia senilai A$330 juta, atau sekitar Rp2,9 triliun per tahun.  

Sementara itu, Menteri Pertanian Indonesia, Suswono - seperti yang juga dikutip The Wall Street Journal - mengatakan pihaknya telah berkomunikasi dengan pemerintah Australia mengenai isu tersebut.

Sementara menunggu tim pakar dari Australia, Suswono menyarakan para importir agar mengandalkan hewan ternak lokal untuk sementara waktu. (umi)

Prediksi LaLiga: Real Madrid vs Barcelona
Vaksinasi PMK bagi hewan ternak di Kota Tangerang

2.000 Hewan Ternak Dilakukan Vaksinasi Antisipasi Wabah PMK Secara Gratis

Wabah PMK atau Penyakit Mulut dan Kuku masih menjadi momok menakutkan bagi para peternak. Adanya hal ini, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang terus memasifkan pem

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024