9-6-59: Kapal Selam Rudal Balistik Meluncur

Kapal selam USS Jimmy Carter
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Pada 52 tahun yang lalu kapal selam berudal balistik pertama milik Amerika Serikat, USS George Washington diluncurkan. Selain dilengkapi rudal balistik, kapal selam ini juga dipersenjatai dengan torpedo dan rudal jelajah.

Bumi Resources Masuk 7 Perusahaan Wajib Pajak Terbaik versi DJP Kemenkeu

Menurut stasiun televisi History Chanel, kapal selam semacam ini sangat penting untuk satuan keamanan maritim di manapun karena sulit untuk ditemukan dan menyerang dengan efektif, terutama menghancurkan kapal serupa bertenaga nuklir.

Hanya angkatan laut AS, Rusia, Inggris, Prancis, dan China yang memiliki kapal selam tenaga nuklir. Negara lainnya masih bergantung pada kapal selam tenaga diesel yang konvensional.

Dukcapil Jakarta Sebut 8,3 Juta Warga Akan Ganti KTP Saat DKI Berubah Jadi DKJ

Kapal selam tenaga nuklir mulai dikenal saat peluncuran USS Nautillus pada 1944. Daya yang melimpah yang disediakan oleh reaktor berbahan bakar uranium membuat kapal selam tenaga nuklir dapat tetap terendam dan beroperasi pada kecepatan tinggi tanpa batas.

Kapal selam sendiri pertama kali ditemukan pada abad ke 18 dan 19 oleh David Bushnell dan Robert Fulton, dengan kapal selam manualnya. Pada 1898, John P. Holland meluncurkan The Holland, yang memiliki mesin bensin untuk bergerak di permukaan serta motor listrik tenaga baterai untuk menjelajah dalam air. Kapal ini akhirnya dibeli pemerintah Amerika Serikat pada tahun 1900.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

Kapal temuan Simon Lake (1866-1945) diadopsi pertama kali di Eropa dan akhirnya oleh AS. Pada malam sebelum terjadinya Perang Dunia I, semua angkatan laut dilengkapi kapal selam bertenaga diesel. 

Selama Perang Dunia II, inovasi kapal selam mengalami kemajuan. Para penemu mengenalkan snorkel penyuplai udara segar bagi mesin diesel sehingga tidak perlu repot-repot muncul ke permukaan.

TikToker Galih Loss

Pengakuan TikToker Galih Loss Soal Video Diduga Menistakan Agama: Saya Menyesali Semua

Galih Loss menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh umat muslim atas konten yang dibuatnya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024