Alasan KPK Panggil Nazaruddin dan Istri

Bendahara Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews – Keputusan memanggil Nazaruddin oleh KPK ternyata baru diambil kemarin sore. “Hanya diputuskan oleh pimpinan bahwa panggilan itu segera dan dalam minggu ini," kata Wakil Ketua KPK M. Jasin di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu 8 Juni 2011.

Wakil Ketua KPK Chandra M. Hamzah kemudian membeberkan alasan pemanggilan Nazaruddin sebagai saksi kasus Kemendiknas. Menurutnya, KPK telah melakukan penyelidikan di Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan di Kemendiknas sejak Maret 2011.

“Sebelum sesmenpora. Masih penyelidikan, belum ada tersangka,” kata Chandra. Ia membantah bila KPK disebut melompat dalam menangani kasus, dari Sesmenpora beralih ke Kemendiknas. “Kita nggak lompat. Kita melakukan penyelidikan sejak Maret. Kalo Sesmenpora penyidikan, Kemendiknas penyelidikan, masih di bawahnya," jelas Chandra.

Menurutnya, KPK kini membutuh keterangan Nazar, sehingga ia dipanggil sebagai saksi dalam kasus tersebut. “Dia pihak terkait,” kata Chandra lagi. Sementara terkait perkara Sesmenpora, Chandra menegaskan penyidikan kasus itu masih berjalan.

“Sesmenpora berjalan. Sudah ada penggeledahan di beberapa tempat kemarin, sebagian di Jakarta Timur,” terangnya. Chandra menepis spekulasi bahwa pengungkapan kasus Kemendiknas dan Kemennakertrans untuk membidik pihak tertentu.

Soal istri Nazaruddin, Neneng Sri Wahyuni yang terlibat kasus suap di Kemennakertrans, Chandra mengatakan, sudah ada yang dipanggil terlebih dahulu dalam kasus tersebut. “Tersangkanya Timas Ginting sudah ditahan, dan itu sudah lama,” kata dia.

“Neneng dipanggil untuk kasus pengadaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Ia diduga menerima suap,” kata Ketua KPK Busyro Muqoddas. Saat ini, Neneng dan Nazaruddin masih berada di Singapura. (adi)

Sebabkan Penyakit Kronis, Pakar Sebut Air di Atas Baku Mutu Tak Dapat Lagi Dikonsumsi
Direktur Eksekutif AKSARA Research, Hendri Kurniawan

Survei Aksara: Persoalan Pengangguran Jadi Masalah Serius Kota Pekanbaru

Lembaga survei Aksara Research and Consulting merilis hasil surveinya yang bertema “Persepsi Politik Masyarakat Terhadap Pilkada Kota Pekanbaru 2024”.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024