Saat Frustasi Temukan Jodoh

Si dia makin sayang
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Pengalaman patah hati bisa membuat seseorang lebih hati-hati memilih pendamping hidup. Saking takutnya mengulang pengalaman pahit, sejumlah orang tumbuh menjadi seorang 'pemilih'. Lebih suka menghabiskan waktu sendiri daripada pasangan yang tak sempurna di matanya.

Jika Anda termasuk seperti itu, mungkin ada baiknya bermimpi. Mimpi adalah bagian dari apa yang kita harapkan terjadi dalam hidup. Mimpi sangat penting untuk memotivasi diri dalam segala aspek kehidupan, termasuk percintaan.

Anda mungkin sering mencurahkan isi hati di blog atau buku harian sembari mengutip kata-kata indah atau quote pesohor, yang mewakili adegan dalam kehidupan Anda. Lalu, menjadikannya sebuah kolase indah. Terkadang cara tersebut bekerja dengan baik untuk memotivasi Anda.

Namun, niat Anda adalah mengembangkan sebuah tujuan yang jelas dalam kehidupan Anda. Niat ini mendukung Anda mengeluarkan energi untuk mencapai mimpi-mimpi Anda. Karena itulah, Anda harus memahami benar apa yang menjadi tujuan hidup Anda.

Ada beberapa langkah agar Anda dapat menetapkan tujuan yang jelas dari apa yang Anda inginkan di dalam hidup yang ditawarkan Lynn Zavaro, penulis dari buku The Game of You, seperti dilansir dari Shine.

1. Biarkan diri bermimpi tentang apa yang benar-benar Anda inginkan. Lalu, visualisasikan di dalam mata batin Anda. Pusatkan pikiran pada diri Anda dengan memejamkan mata 5 hingga 10 menit, lalu rasakan kedamaian yang mendalam dari bayangan hubungan percintaan yang Anda impikan.

2. Tuliskan keinginan Anda saat ini. Seolah-olah hal tersebut terjadi, atau sudah terjadi. Ini adalah cara terkuat yang dapat menentukan gerakan apa saja yang akan Anda ambil untuk merealisasikan keinginan Anda.

3. Pada baris pertama dari selembar kertas tulislah kata 'saya', lalu lengkapi dengan menulis tipe orang yang Anda inginkan bersama Anda saat ini secara rinci. Jadilah aktif dan jelas dengan deskripsi Anda.

Contoh: Aku menikmati hubungan cinta dengan seorang pria yang baik hati, lembut, dan penuh kasih. Atau, aku cinta menghabiskan waktu dengan seorang pria yang suka bersenang-senang, dan juga suka memasak
bersama di rumah.

4. Lanjutkan kalimat tersebut sampai Anda merasa semua yang Anda inginkan dalam hubungan percintaan sudah Anda tuliskan. Lakukan yang terbaik pada inti permasalahan. Biarkan mengalir tapi jangan terlalu
memilih. Ingatlah bahwa Anda ingin mencari pasangan sejati, bukan ide konseptual yang mungkin tidak ada.

5. Tegaskan secara positif. Pastikan setiap kalimat yang Anda utarakan bernada positif. Tahan diri Anda untuk menggunakan deskripsi negatif seperti kata 'tidak'. Ketika kita menjelaskan secara negatif, secara tidak sadar kita telah membiarkan pikiran negatif merasuki jiwa, dan hal ini akan berdampk pada saat Anda mengambil keputusan.

Contoh: "Saya tidak ingin berkelahi dengan orang yang saya cintai." Anda bisa menggantinya dengan kalimat, "Saya berkomunikasi dengan orang yang saya cintai dengan kedewasaan, keterbukaan, dan kesenangan."

6. Ketahui apa yang tidak dapat Anda toleransi. Gunakan pengalaman masa lalu untuk menjelaskan apa yang tidak ingin Anda hadapi di hubungan selanjutnya.

Contohnya, jika Anda tidak ingin memiliki hubungan dengan pria yang jauh dari Anda atau pria yang sudah memiliki anak, masukkan adegan tersebut pada sesuatu yang tidak dapat Anda tolerir. Pastikan selalu
menggunakan sudut pandang positif seperti seseorang yang berada di area yang sama, atau sesorang yang masih single.

7. Sadari nilai Anda. Ketahuilah apa saja nilai kehidupan yang paling penting bagi Anda? Pastikan mereka termasuk dalam daftar Anda, dan tetapkan hal tersebut sebagai nilai yang juga harus dipercaya pria
idaman Anda. Sebuah hubungan yang sukses harus dalam perjanjian atau paling tidak menghormati nilai masing-masing.

8. Periksa daftar Anda. Periksa kembali tulisan Anda untuk melihat apakah Anda melupakan sesuatu yang penting bagi Anda. Pastikan tulisan ini merupakan gambaran mimpi yang lebih besar dibandingkan terjebak
dalam rincian yang terlalu jelas.

Contohnya, jika Anda membuat tulisan seperti, "Dia harus berpendapatan lebih dari Rp1 miliar per tahun," sebaiknya gunakan kalimat, "Dia dapat membuat hidup saya dan keluarga dalam keadaan yang baik."

9. Bacalah tulisan Anda setiap hari dengan suara yang lantang selama satu minggu untuk menanamkannya ke dalam alam bawah sadar Anda. Tempatkan tulisan tersebut di tempat yang mudah terlihat sehingga Anda
mudah untuk mengingat apa yang ada di dalamnya.

10. Selalu terbuka menyambut hubungan baru Anda untuk mendapatkan kejutan-kejutan dan tidak persis sama dengan apa yang Anda tuliskan. Namun, jika Anda bertemu dengan seseorang tidak sesuai dengan
nilai-nilai yang Anda inginkan, jangan berani berkompromi.

Putri Anne Blak-blakan Belum Bisa Move On dari Arya Saloka?
Syahrini

Syahrini Diduga Hamil, Sudah Masuk Usia 7 Bulan

Awalnya admin akun gosip tersebut menyoroti perbedaan foto yang tiap kali diunggah Syahrini dengan foto paparazi yang didapatkan netizen itu.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024