Australia Stop Ekspor Sapi

Swasembada Daging Indonesia Gagal

Sapi Australia
Sumber :
  • agmastes.com

VIVAnews - Penghentian sementara ekspor sapi ke Indonesia oleh Australia perlu diwaspadai. Sebab, Indonesia tengah mencanangkan tahun 2014 akan swasembada daging sapi.

Harga Minyak Dunia Naik Buntut Konflik Israel-Iran, Pertamina Pastikan Harga BBM Tak Naik

"Dengan menghentikan ekspor sapi ke Indonesia, kekurangan kebutuhan daging harus dipenuhi oleh Indonesia, sehingga banyak ternak sapi yang akan dipotong untuk dikonsumsi. Dampaknya adalah penyusutan populasi sapi yang drastis. Tentunya, target 2014 swasembada daging sapi tidak akan tercapai," kata Prof. Ali Agus, Guru Besar Ilmu Peternakan Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, Kamis 9 Juni 2011

Selain itu, kata Agus, dengan menghentikan sementara ekspor sapi ke Indonesia, kita tetap tergantung pasokan sapi dari Australia karena pasokan daging sapi dari peternak dalam negeri belum mencukupi untuk kebutuhan masyarakat.

"Ketika stok daging sapi mulai menipis dan peternak di Indonesia tidak mampu memenuhi kebutuhan daging sapi, mau tidak mau Australia kembali membuka kran ekspor sapinya ke Indonesia. Otomatis swasembada daging sapi tidak akan tercapai karena masih menggantungkan pasokan sapi dari Australia," tutur Agus.

Puncak Arus Balik, 179 Ribu Penumpang Lintasi Bandara Soetta

Lebih lanjut, Agus menyatakan agar tidak lagi terjadi ketergantungan sapi dari Australi dan Indonesia dapat swasembada daging sapi, pemerintah harus melakukan diversifikasi kebutuhan daging tidak saja dari daging sapi namun dapat juga dari daging kambing, domba, dan unggas. "Cara lain agar swasembada daging sapi tercapai di tahun 2014, yakni ditempuh diversifikasi daging untuk kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Laporan: Juna Sanbawa | Yogyakarta, umi

Mercedes-Benz GLE-Class

Ribuan SUV Mercedes-Benz Dipaksa ke Bengkel karena Berpotensi Kebakaran

Mercedes-Benz resmi melakukan penarikan kembali atau recall untuk SUV GLE dan GLS. Total yang kena recall sebanyak 7.429 unit, penarikan karena alasan potensi kebakaran.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024