"Jamkesmas Hak Si Miskin, Bukan Malinda Dee"

Malinda Dee
Sumber :
  • kaskus

VIVAnews - Wakil Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat yang membidangi hukum, Tjatur Sapto Edy, menyayangkan penggunaan dana Jaminan Kesehatan Masyarakat untuk perawatan tersangka penggelapan dana Citibank, Malinda Dee.

Ayah Mahalini Ungkap Sifat Asli Putrinya, Tak Seperti yang Disangka Netizen

Menurut Tjatur, warga miskin yang berhak atas dana itu saja kadang kesulitan mendapatkannya.

"Jamkesmas itu untuk orang miskin. Tidak layak bagi orang mampu apalagi pelaku tindak pidana memakai dana tersebut," kata Tjatur kepada VIVAnews, Kamis 9 Juni 2011.

Menurut Tjatur, Polri dan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia seyogyanya tidak menggunakan jalan ini karena menciderai rasa keadilan masyarakat. Orang miskin saja kadang sulit untuk mendapatkan Jamkesmas.

Malinda Dee, tersangka kasus penggelapan dana nasabah Citibank hingga belasan miliar rupiah, akan menjalani operasi akibat radang payudara yang dideritanya. Sebagai tahanan, biaya operasi Malinda akan ditanggung Polri dengan menggunakan Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas).

Sebelumnya, Kepala Bareskrim Mabes Polri, Komjen Polisi Ito Sumardi, menyatakan bahwa meski biaya operasi Malinda ditanggung pemerintah, tapi itu tidak mencakup seluruh biaya. Apabila biaya operasi tersebut lebih besar dari plafon anggaran yang disediakan negara, maka sisanya menjadi tanggung jawab keluarga Malinda. (umi)

Presiden FIFA, Gianni Infantino dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir

Pernyataan Ketum PSSI Erick Thohir Usai Timnas Indonesia U-23 Dikalahkan Guinea

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir buka suara usai Timnas Indonesia U-23 kalah dari Guinea. Kekalahan ini membuat Indonesia gagal lolos ke Olimpiade 2024.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024