Usia Tua Tak Menurunkan Hasrat Seksual Pria

Hugh Hefner & Crystal Harris
Sumber :
  • US Magazine

VIVAnews - Kabar gembira bagi para pria, usia tua ternyata tidak membuat hasrat seksual mereka menurun. Tak heran jika Hugh Hefner, bos majalah Playboy yang berusia 85 tahun, akan menikah dengan Crystal Harris, model berusia 24 tahun.

"Jika Anda sehat, usia hanya soal angka," kata Hefner.

Pada teori yang banyak diyakini, tingkat testosteron pada pria tua akan turun, yang menyebabkan kesehatan terganggu serta berpengaruh buruk pada libido. Hal ini pun 'dibantah' secara ilmiah oleh penelitian yang dilakukan tim dari Australia’s University of Sydney.

Dari hasil penelitian diketahui kalau level testosteron tidak akan menurun kecuali seorang pria mengalami gangguan kesehatan. Peneliti menguji kadar hormon dalam sampel darah pada 325 pria berusia 40 tahun ke atas selama tiga bulan.

Pria yang tubuhnya dalam keadaan sehat tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan level testosteron. Penurunan pun terjadi lebih karena masalah obesitas atau penyakit jantung, dibandingkan penuaan.

"Beberapa peneliti percaya bahwa kekurangan testosteron dikaitkan dengan usia berkontribusi terhadap memburuknya kesehatan pria tua dan menyebabkan gejala khusus, seperti kelelahan dan hilangnya libido," kata David Handelsman, salah satu peneliti, seperti dikutip dari Daily Mail

Penurunan testosteron pada darah pria yang lebih tua, dengan gejala tertentu, seperti mudah lelah dan hasrat seksual yang rendah, kemungkinan karena gangguan kesehatan yang menumpuk, seperti obesitas dan penyakit jantung.

Sebelumnya, peneliti dari Universitas Chicago, Amerika Serikat, menemukan kurang tidur juga memiliki efek menurunkan hasrat seksual laki-laki. Pria yang tidur kurang dari lima jam dalam satu hari selama satu minggu atau lebih, level testosteronnya sangat rendah.  Hal ini jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan pria yang cukup tidur. Tidur kurang dari lima jam diketahui mengurangi level hormon testosteron sekitar 10 hingga 15 persen, dengan level terendah pada sore hari. (eh)

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Berita tentang nasib dua debt collector yang hendak mengambil paksa mobil Aiptu Fandri di parkiran salah satu pusat perbelanjaan di Kota Palembang jadi yang terpopuler.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024