Suswono: Stok Sapi Aman Hingga Lebaran

Suswono
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Menteri Pertanian, Suswono, tak khawatir ancaman penghentian ekspor sapi Australia ke Indonesia. Suswono mengatakan, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) telah berkomitmen memasok sapi hingga mencukupi kebutuhan Lebaran.

Masa Penahanan Siskaeee Diperpanjang Polisi

"Sudah punya stok sampai September," kata Suswono, di Jakarta, Jumat 10 Juni 2011

Tidak hanya itu, Suswono mengatakan, pemerintah juga mendapat komitmen dari Asosiasi Pengusaha Daging Indoesia (Aspidi), khususnya soal harga. Aspidi, kata Suswono, siap menjaga agar tidak terjadi lonjakan harga saat ekspor sapi dari Australia benar-benar dihentikan.

Suswono menjelaskan, saat ini, pemerintah mencukupi kebutuhan daging dengan mengimpor hingga 30 persen. "Tidak hanya dari Australia, tapi dari sana (Australia) paling banyak," ujar dia.

Menurut dia, Indonesia banyak mengimpor sapi dari Autralia karena harganya lebih kompetitif. Sebab, dari sisi geografis, Australia lebih dekat. "Ini kesempatan memperbaiki regulasi agar tidak berdasarkan negara, tapi wilayah," tuturnya.

Suswono menilai positif penghentian ekspor sapi, khususnya bagi peternak lokal, seperti di Jawa Timur dan Jawa Tengah, yang mengeluh harga daging sapi anjlok. (art)

Putri Anne

Putri Anne Blak-blakan Belum Bisa Move On dari Arya Saloka?

Putri Anne mendapat pertanyaan dari pengguna instagram tentang tips untuk bisa move on.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024