Gaun Daun Selada Ala Gao Yuanyuan

Aksi Gao Yuanyuan
Aksi Gao Yuanyuan
Sumber :
  • telegraph

VIVAnews - Demi mengampanyekan diet begetarian, Gao Yuanyuan rela membungkus tubuhnya dengan daun selada. Tak hanya berbalut gaun berbahan selada, aktris asal China itu juga meronce cabai merah untuk kalung.

Gao Yuanyuan bekerja sama dengan organisasi penyayang hewan (PETA) untuk mengampanyekan hidup sehat dengan konsumsi sayur. Kampanye ini mendorong masyarakat memiliki pola makan bebas daging atau protein hewani.

Dalam empat dekade terakhir, konsumsi daging di China meningkat hampir empat kali lipat dibanding sebelumnya. Lonjakan ini tak lepas dari standar hidup masyarakat setempat yang kian meningkat sehingga memiliki kecenderungan mengonsumsi makanan mahal mengandung daging.

Wakil Presiden Peta, Jason Baker, mengatakan, lonjakan konsumsi daging itu mungkin pertanda baik bahwa masyarakat setempat memiliki kondisi perekonomian mapan. Namun di balik itu, konsumsi daging berlebih berdampak buruk bagi kesehatan.

"Kondisinya sudah semakin mengkhawatirkan. Konsumsi daging yang semakin tak terkendali sangat berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit seperti kanker, dan penyakit jantung," kara Baker.

Orang yang mengurangi asupan protein hewani dan meningkatkan protein nabati memang cenderung memiliki kadar lemak dan kolesterol yang rendah dalam tubuh. Namun, agar diet vegetarian efektif bagi kesehatan tubuh, mereka harus pandai memilih sumber protein nabati secara selektif.

Ahli gizi mengatakan bahwa diet vegetarian tak bisa sembarangan dilakukan. Selain harus memastikan sayur yang dikonsumsi bebas pestisida, seorang vegetarian juga harus pandai mengatur variasi menu seperti polong-polongan, buah-buahan, sayuran dan serat. Ini penting demi pemenuhan gizi seimbang.