Kontroversi Kontes Miss World Cilik

Miss World Cilik
Sumber :
  • Mirror

VIVAnews - Bagi sebagian besar wanita, ikut ambil bagian dalam kontes kecantikan menjadi hal yang membanggakan. Tak segan mereka merogoh kocek agar bisa tampil maksimal. 

Refly Harun: Anies-Muhaimin Pengkhianat Jika Gabung Pemerintah

Itulah yang membuat Pam Boon, bekas Miss India Commonwealth, membuat satu kontes kecantikan bagi para bocah perempuan. Pemenang akan mendapat predikat Miss World cilik. 

Pesertanya berusia dua tahun hingga usia sekolah dasar. Mereka akan dinilai dalam hal kepribadian, penampilan dan sandiwara. Di kategori penampilan, bocah-bocah dinilai berdasarkan pakaian dalam formal, olahraga dan kategori fashion.

Di bagian 'gadis cilik cantik', peserta akan mengenakan gaun pesta dan berjalan di catwalk bersama ibu mereka.

Tiap kontestan wajib membayar £100 atau setara Rp1,4 juta. Pemenang kontes akan memperoleh hadiah termasuk konsol game Nintendo Wii serta voucher belanja. Final kontes kecantikan cilik rencananya bakal digelar di London Oktober mendatang.

Pam yang kini berusia 50 tahun, menegaskan kontes Miss World cilik semata-mata untuk hobi. "Ini agar anak-anak menikmati diri mereka sendiri. "

Ia yakin bahwa kontes ini sesuai dengan usia anak. Anak tak perlu menggunakan riasan tebal."Banyak peserta tidak perlu maskara. Orang tua sangat suka memamerkan anak-anak mereka," ujarnya seperti dikutip dari Mirror.

Kontes kecantikan anak mendapat kritikan dari aktivis keselamatan anak sebagai sesuatu yang merusak dan merugikan anak.
 
Lucie Russell, aktivis badan amal kesehatan mental anak Young Minds, menyatakan, "Kontes ini mungkin memiliki efek merugikan pada anak yang terlibat."

Lebih dari itu, lanjutnya, kontes akan menghasilkan pesan berbahaya bagi anak lain bahwa penampilan adalah hal terpenting.

Gak Percaya Anaknya Biasa Pakai Narkoba, Ibunda Chandrika Chika: Saya Tau Anak Saya Seperti Apa

Michael Connellan, dari Institut Keluarga dan Anak, menambahkan orang tua harus menjaga anak agar tak mengalami hal yang belum sesuai usia mereka. "Anak harus dijaga agar mereka tak mengalami hal yang terlalu banyak di usia terlalu muda".

Tak urung Menteri Sosial dan Perawatan Kesehatan Inggris Emily Thornberry angkat bicara. "Sangat disayangkan. Anak perempuan harus didorong melakukan hal yang lebih baik dari pada sekedar memakai lipstik dan sepatu bertumit tinggi pada usia empat tahun."

Ilustrasi motor mogok / kunci motor

Motor Baru Jangan Sampai Kehabisan Bensin, Risikonya Besar

Bagi pengguna motor baru yang dibekali dengan sistem pengabutan injeksi, perhatikan baik-baik indikator bahan bakar.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024