Gempa 5,5 SR Sumut Terasa Hingga Malaysia

peta wilayah Indonesia yang berpotensi rawan gempa
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews -- Gempa dengan kekuatan 5,5 skala Richter menggoyang Sumatera Utara, Selasa 14 Juni 2011 pukul 07.08 Waktu Indonesia Barat. Gempa berada di kedalaman 10 kilometer. Tidak berpotensi tsunami.

Seperti dimuat situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi di lokasi 1.79 LU-99.13 BT. Pusat gempa berada pada 30 kilometer Taruntung, Sumatera Utara, 39 kilometer timur laut Sibolga, Sumut, 49 kilometer Barat Laut Padang Sidempuan, Sumut.

Meski ukurannya sedang, lindu yang menggoyang Sumut dirasakan sampai ke negeri jiran, Malaysia. Seperti dilansir situs Bernama, getaran gempa dirasakan di beberapa wilayah di semenanjung Malaysia seperti Melaka, Selangor, dan selatan Perak.

Departemen Meteorologi Malaysia menyebut, gempa terjadi pada pukul 08.08 waktu setempat dan episentrum terjadi di 330 kilometer barat daya Klang, Selangor.

Departemen Kebakaran dan Penyelamatan Shah Alam saat dihubungi mengaku menerima telepon yang menginformasikan terjadi getaran di gedung Sekretariat Negara Selangor pada pukul 08.29 waktu Malaysia.

Sementara, saat dihubungi, kontributor VIVAnews di Medan, Amin, justru tak merasakan getaran gempa di Taruntung. "Di sini tidak terasa," kata dia.

SYL Bayar Gaji Pembantu Rp35 Juta di Makassar Pakai Uang Hasil Memalak Pejabat di Kementan
Bea Cukai gagalkan penyelundupan ballpress

Bea Cukai dan TNI Gagalkan Penyelundupan Ballpress di Jalur Tikus Perbatasan Indonesia-Malaysia

Ada 5 ballpress berisi pakaian bekas siap didistribusikan yang ditindak. Saat ini seluruhnya telah diserahterimakan kepada Bea Cukai Nunukan untuk proses lebih lanjut.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024