Lion Air Tidak Senggol Garuda di Selaparang

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • ANTARA/Ismar Patrizki

VIVAnews -Ini insiden di Bandara Selaparang, Mataram, yang terjadi hari ini. Semula diberitakan bahwa angin kencang yang menimbulkan ekstra power, menyebabkan badan pesawat Lion Air dengan nomor pesawat GT 657 yang menuju runway berbelok menyenggol pesawat Garuda.

BI: Kinerja Penjualan Eceran Maret Naik Ditopang Ramadhan dan Lebaran

Keterangan itu disampaikan oleh General Manager Angkasa Pura I Bandara Selaparang, I Ketut Erdi Nuke kepada wartawan di Mataram. Setelah diselidiki, Ketut Erdi meluruskan berita itu.

Saat dikonfirmasi VIVAnews.com I Ketut Erdi Nuke menegaskan bahwa insiden itu terjadi saat pesawat Lion Air dengan nomor pesawat GT 657 bergerak dari parkiran menuju runway. Diduga karena hempasan angin (jetblast) yang berasal dari pesawat Lion Air  menimbulkan ekstra power dan mengenai tangga Ground Handling PT. Gapura Angkasa.

"Diduga material tangga Ground Handling itu terlepas karena terkena hempasan angin pesawat Lion Air. Material tangga itu yang mengenai badan pesawat, bukannya senggolan pesawat," kata Erdi di Mataram, Selasa, 14 Juni 2011.

PBB Bakal Salurkan Bantuan Kilat Sebesar $2,8 Miliar untuk Gaza dan Tepi Barat

Pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GM 433 sedianya terbang menuju Jakarta. Di dalam pesawat itu ada Wakil Menteri Perhubungan, Bambang Sutantono yang juga hendak pulang ke Jakarta.

Insiden itu terjadi saat kedua pesawat  berada di parking stand nomor 7 dan 8. Seluruh penumpang pesawat Garuda sudah berada didalam pesawat. Peristiwa itu membuat sejumlah penumpang pesawat Garuda  termasuk Wakil Menteri Perhubungan telantar beberapa jam di Bandara Selaparang.

Pesawat Garuda itu harus menjalani pemeriksaan teknis demi keselamatan penumpang. Akibat kejadian itu telah mengganggu kenyamanan rombongan Wakil Menteri Perhubungan. Apalagi beberapa pegawai kementerian perhubungan terpaksa harus menginap di Mataram.

Walaupun sempat menunggu lama, rombongan Wakil Menteri Perhubungan Bambang Sutantono akhirnya diberangkatkan ke Jakarta dengan pesawat Lion Air. Sementara pesawat Garuda akhirnya dapat diberangkatkan ke Jakarta pada pukul 08.00 WITA pagi tadi.

Erdi Nuke menyayangkan terjadinya insiden yang mengganggu kenyamanan masyarakat tersebut. Untuk itu, dia berharap peristiwa serupa tidak lagi terjadi di Bandara Selaparang.

Sementara itu General Manager PT. Garuda Indonesia Cabang Mataram, Sudarmadi tidak bersedia dikonfirmasi terkait insiden tersebut. Pihaknya menyerahkan hal itu ke Duty Managernya bernama I Ketut Adi Mertayasa.

Duel Yamaha NMAX vs Honda PCX di Pasar Motor Bekas, Siapa Paling Laris?

Namun ketika dihubungi melalui saluran telephone genggamnya, I Ketut Adi Mertayasa juga enggan menjelaskan peristiwa itu. "Oleh Pak GM saya tidak diperbolehkan memberikan keterangan pers terkait insiden itu. Silahkan langsung ke Kantor Pusat di Jakarta karena data yang saya punya tentang kejadian itu nggak jelas," katanya kepada VIVAnews.com.

Laporan: Edy Gustan/Mataram

Pendeta Gilbert Lumoindong

Pendeta Gilbert Dilaporkan ke Polda Metro Buntut Dugaan Penistaan Agama

Pendeta Gilbert Lumoindong jadi sorotan usai video ceramahnya yang bikin gaduh media sosial. Gilbert menyinggung keyakinan umat islam.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024