Surat Palsu MK

Mahfud: Panja Harus Panggil Saya Dulu

Mahfud MD
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD mengaku siap bila Panja Surat Palsu MK ke Komisi Pemilihan Umum memanggilnya. "Belum (dipanggil). Kamu tulis saja agar DPR tidak memanggil yang lain, biar memanggil saya dulu," kata Mahfud di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Rabu, 15 Juni 2011.

Untuk meyakinkan, Mahfud bahkan rela mengosongkan jadwal kegiatan yang lain jika Panja DPR memanggilnya nanti. "Kalau diberi kesempatan pertama, saya akan hadir sendiri," tegasnya.

Mahfud menjelaskan, apabila diruntut berdasarkan pihak yang bermasalah, MK adalah pihak yang pertama kali harus dipanggil untuk memberikan keterangan di hadapan Panja. "Baru yang lain-lain untuk mengecek," jelasnya.

Sebelumnya, Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat menyepakati pembentukan Panitia Kerja Surat Palsu ke Komisi Pemilihan Umum kemarin. Panja ini terbentuk setelah Komisi II menggelar rapat dengar pendapat dengan KPU dan Badan Pengawas Pemilu.

Alasan pembentukan Panja itu ada tiga. Pertama, Komisi II menilai kinerja KPU dan jajarannya secara teknis administratif dan substansi memiliki kelemahan sehingga menimbulkan masalah dalam penetapan calon terpilih anggota DPR periode 2009-2014.

Kedua, Komisi II mendorong penyelesaian secara hukum pemalsuan surat MK no 112 tertanggal 14 Agustus 2009. Ketiga, Komisi II akan membentuk panitia kerja atau Panja guna mendalami persoalan kinerja KPU dalam proses penetapan calon terpilih anggota DPR hasil Pemilu 2009.

5 Kontroversi Chandrika Chika, dari Hubungannya dengan Thariq Halilintar hingga Tersandung Narkoba
Bakal capres Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto bersama ketum PKB Cak Imin di Jombang.

Prabowo Bakal Ketemu Cak Imin Pasca Penetapan KPU, PAN Bilang Begini

Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto menanggapi rencana pertemuan presiden terpilih Prabowo Subianto dengan Ketum PKB yang juga cawapres nomor 1 Muhaimin Iskandar.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024