Gerhana Bulan Total, Puncak Penyu Bertelur

Gerhana Bulan di Malam Tahun Baru
Sumber :
  • AP Photo/Dan Balilty

VIVAnews - Gerhana bulan total yang diprediksi jatuh pada Kamis, 16 Juni dini hari, diperkirakan menjadi puncak bertelurnya hewan penyu. Juru Kampanye Penyu Pro Fauna Bali I Wayan Wiradnyana mengatakan, pihaknya akan memantau penyu yang naik ke darat untuk bertelur.

Citra Satelit Tunjukkan Ribuan Tenda Dekat Khan Younis, Israel Bersiap Serang Rafah

"Malam ini kami akan melakukan pemantauan intensif terhadap penyu-penyu yang naik ke darat untuk bertelur. Kami perkirakan nanti malam akan banyak penyu naik ke darat untuk bertelur," kata Wiradnyana kepada VIVAnews.com, Rabu, 15 Juni 2011.

Selain berkaitan dengan gerhana bulan total, Wiradnyana mengatakan memang kisaran bulan Juni-Juli merupakan puncak bertelurnya Penyu. Tetapi ia tak menampik jika waktu bertelur "favorit" Penyu biasanya saat gerhana bulan tiba. "Ya, mudah-mudahan saja nanti malam benar gerhana bulan," harapnya.

Ia menjelaskan, sejak Januari 2011 lalu hingga saat ini, Penyu-penyu itu ada yang sudah naik ke darat untuk bertelur. Dari pantauannya di Pantai Kuta, Badung, ia mendapati sekitar 30 sarang Penyu dengan telur sekitar 2.500 hingga 3.000 butir. Sedangkan pantauannya di Pantai Tegal Besar, Klungkung, ia mendapati sedikitnya 19 sarang Penyu dengan jumlah telur sekitar 2.000 butir.

"Secara keseluruhan kami belum bisa hitung berapa jumlah Penyu indukan, apakah bertambah, berkurang atau stabil. Pun halnya dengan jumlah telurnya, karena bulan Juli nanti juga biasanya ada penambahan," katanya.

Wiradnyana menjelaskan, kemungkinan bulan Juli ada penambahan indukan Penyu naik ke darat untuk bertelur, lantaran terjadi kemunduran waktu dari Penyu-penyu itu untuk bertelur. Penyebabnya, papar dia, adalah sampah yang beberapa waktu lalu sempat menjadi sorotan Majalah asing di Pantai Kuta. "Ya, karena sampah membludak itu maka akan terjadi kemunduran bertelur. Waktu itu, Penyu tak bisa naik ke darat karena banyaknya sampah di Pantai Kuta. Biasanya, semua tuntas di Bulan Juni. Kalau pun ada yang bertelur pada bulan Juli, jumlahnya tak terlalu banyak," beber Wiradnyana.

"Makanya kami berharap gerhana bulan dini hari nanti mudah-mudahan menjadi puncak bertelurnya Penyu. Kalau tidak, berarti mengalami keterlambatan bertelur selama satu bulan," tuturnya.

Sementara itu, dihubungi terpisah, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Bali, Anak Agung Sastrawan justru tak mengetahui tentang Penyu yang bertelur itu. "Wah, belum tahu saya. Saya belum dapat informasi sejauh itu," jawabnya singkat.

Laporan: Bobby Andalan|Bali

Promo voucher triv

Trading Kripto untuk Pemula Cuan Hanya di Sini

Trading crypto merupakan kegiatan jual beli aset kripto di sebuah platform. Aset kripto ini, bisa diperdagangkan antar pengguna di platform.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024