Pemerintah Kehilangan Jejak Nunun

Nunun Nurbaeti Daradjatun
Sumber :
  • Situs Interpol Internasional

VIVAnews - Tersangka suap, Nunun Nurbaeti Daradjatun, hingga kini belum diketahui keberadaannya. Padahal interpol sudah dilibatkan untuk mencari istri mantan Wakapolri Adang Daradjatun itu.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Patrialis Akbar menyatakan, pemerintah akan malu jika Nunun dengan mudah 'lompat' dari satu negara ke negara lain dengan paspor yang sudah dicabut.

"Kalau sudah dicabut tapi bisa kemana-mana, ya itu pasti jadi bahan tertawaan. Wibawa kita dimana dong," ujar Patrialis usai memberikan membuka acara Penyuluhan Kebijakan Keimigrasian Terpusat tahun 2011 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis 16 Juni 2011.

Karena itu, Patrialis mengaku telah menginstruksikan kepada seluruh atase imigrasi yang ada di luar negeri untuk mencari tahu informasi keberadaan Nunun.

"Makanya orang-orang atase imigrasi harus punya beban moral untuk bantu. Tentu tetap bekerjasama dengan kedutaan besar kita di sana," ujarnya.

Nunun pergi ke luar negeri saat statusnya masih sebagai saksi kasus suap pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia. Nunun, pergi ke Singapura untuk berobat atas penyakit ‘misterius’ yang dia derita. Dia pergi sebelum KPK mengajukan cegah kepadanya.

Namun, sampai statusnya ditingkatkan menjadi tersangka oleh KPK, Nunun tak kunjung pulang ke tanah Air. Keberadaan Nunun semakin sulit terlacak. Nunun pernah dideteksi berada di Thailand dan Kamboja.

Hingga, pada akhirnya, KPK mengeluarkan red notice untuk Nunun. Nunun pun menjadi buronan Interpol. Saat ini, foto dan identitas Nunun telah terpampang di laman Interpol Pusat. Data diri Nunun juga telah disebar ke 188 negara anggota Interpol. (umi)

Terpopuler: Liverpool Hancur Lebur, 6 Pebulutangkis Indonesia di Olimpiade 2024
PM Inggris Rishi Sunak Menggunakan Sepatu Adidas Samba

PM Inggris Rishi Sunak Dihujat Gegara Pakai Sepatu Adidas Samba, Ada Apa?

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak baru-baru ini dihujat di media sosial oleh pengguna dan pengamat mode karena menggunakan sepatu Adidas Samba selama wawancara baru-bar

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024