Wapres: Rumah Pengungsi Merapi Siap Dibangun

Pasca Erupsi Merapi
Sumber :
  • AP Photo/Trisnadi

VIVANEWS - Pemerintah pusat siap mengucurkan dana pembangunan rumah permanen bagi pengungsi korban letusan Gunung Merapi. Pembangunan rumah akan dimulai tahun ini juga.

"Sekarang yang kita garap adalah pembangunan rumah permanen. Kita anggarkan per rumah Rp30 juta," kata Wakil Presiden Boediono saat mengunjungi hunian sementara para pengungsi Merapi di Kowang, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, Kamis 16 Juni 2011.

Menurut Boediono, pemerintah telah menyiapkan Instruksi Presiden untuk dasar pembangunan perumahan bagi para pengungsi. Namun, dia enggan menyebutkan berapa jumlah anggarannya. "Dananya yang jelas cukup untuk relokasi 2.600 lebih kepala keluarga," kata dia.

Pemerintah pusat, kata dia, telah meminta pemerintah daerah untuk menyiapkan  pembangunan tersebut. "Sebelumnya, saya minta gubernur siapkan segalanya terkait relokasi," kata dia. "Tahun ini harapannya sudah bisa dibangun semua."

Dalam kunjungan ini, Boediono juga sempat berdialog dengan para pengungsi yang masih tinggal di hunian sementara. Setidaknya, sekitar 2.800 kepala keluarga masih tingga di pengungsian.

Guru dan IRT Jadi Korban Pinjol Ilegal Terbanyak, OJK: Cek Legalitas dan Logis Sebelum Pinjam

Sebagian rumah ini akan dibangun di shelter-shelter pengungsian. Namun, sebagian belum ditempatkan titik pembangunannya, karena masih menunggu proses relokasi. (Laporan: Erick Tanjung | Yogyakarta, umi)

Sistem Tata Surya.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

 NASA telah mengumumkan keberadaan lebih dari 5.000 planet di luar Tata Surya kita, secara tepatnya 5.005 planet, yang sekarang tercatat dalam arsip eksoplanet mereka.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024