Aturan Baru Impor Film Sehatkan Ekonomi

Agus Martowardojo
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Menteri Keuangan, Agus Martowardojo berharap dengan keluarnya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) baru atas bea masuk impor film dapat menyehatkan industri film yang nantinya berimplikasi pada pertumbuhan ekonomi yang lebih.

"Industri filmnya maju, industri bioskop maju, tapi juga penonton film akan senang karena film impor juga akan tersedia," kata Agus di Kementerian Keuangan, Kamis, 16 Juni 2011.

Agus menjelaskan, penetapan PMK bea masuk film impor yang baru ini antara Kementerian Keuangan bersama Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata. "Film impor yang tersedia selaras dengan upaya mengembangkan industri perfilman dalam negeri khususnya distribusi, bioskop, dan tentu ini akan membuat perekonomian Indonesia menjadi lebih baik," ujar Agus.

Agus berharap, dengan keluarnya aturan baru ini para distributor film benar-benar memiliki komitmen yang tinggi untuk mengembangkan industri bioskop tanah air dan kedepannya akan lebih banyak lagi distributor film yang akan menjembatani antara produsen film dengan para penonton film. Rencananya PMK baru atas bea masuk film impor akan diumumkan besok.

"Dengan PMK itu (baru) kami melakukan perubahan sistem dari ad valorum ke spesifik," kata Menkeu.

Agus menegaskan, bea masuk tidak hanya dilihat dari sisi fiskal, melainkan sektor perfilman. Jika dibanding negara lain, sistem penghitungannya diubah lebih sederhana.

Pertimbangan lainnya yaitu terjadinya keseimbangan antara pengusaha impor dan dalam negeri. "Kami juga harus menjaga kesetaraan dan lahan industri yang sehat bagi importir dan pengusaha dalam negeri," ujarnya.

Dalam PMK yang baru ini nantinya aturan akan lebih disederhanakan. Nantinya, bea masuk tersebut akan diubah menjadi spesifik berdasarkan satuan film. Misalnya, berdasarkan menit, maka nantinya ditetapkan berapa tarif per menit.

Airlangga Respons PDIP: Jokowi-Gibran Masuk Keluarga Besar Golkar, Tinggal Formalitasnya Saja
Suzuki Avenis edisi 2024

Suzuki Luncurkan Skuter Matik Baru Rp24 Jutaan

Suzuki Avenis 125 2024 mempertahankan desain sporty yang menjadi ciri khasnya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024