Soal Nasib Busyro, Pansel KPK Tunggu MK

Busyro Muqoddas
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari

VIVAnews - Saat ini Mahkamah Konstitusi tengah menguji aturan mengenai masa jabatan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi. Penggugat mempermasalahkan mengenai masa jabatan Busyro Muqoddas.

Mantan Ketua Komisi Yudisial itu baru menjabat satu tahun sebagai Ketua KPK. Padahal menurut Undang-Undang KPK, Pimpinan KPK harus menjabat selama 4 tahun.

Saat dikonfirmasi mengenai hal tersebut, Sekretaris Pansel KPK, Ahmad Ubbe, pihaknya masih tetap menunggu keputusan pasti dari Mahkamah Konstitusi.

"Kita tunggu keputusan itu  keluar. Kalau bisa ditetapkan dia (Busyro) bisa empat tahun, ya berarti bisa," ujar Ubbe usai diskusi Pansel dengan media massa di gedung Dewan Pers, Jakarta, Jumat 17 Juni 2011.

Jika keputusan MK memperbolehkan Busyro kembali menjabat ketua KPK, pansel, kata Ubbe, tidak akan memberlakukan proses seperti calon lainnya. "Kalau MK memutuskan bisa, berarti Pak Busyro tidak harus ikuti proses kami ini," imbuhnya.

Selain itu, pansel juga hanya akan memilih 8 orang sebagai calon. Namun, jika MK memutuskan sebaliknya, maka pansel akan menetapkan 10 orang calon. Namun, sampai saat ini keputusan tersebut masih belum dikeluarkan oleh MK. Busyro pun, hingga saat ini belum mendaftarkan diri.

"Sampai Kamis sore belum muncul (Busyro Muqqodas), tapi kalau dua hari ini mau dimanfaatkan silakan. Kita akan terima dan itu tidak salah menurut undang-undang. Beliau boleh sekali lagi mendaftar, karena baru menjabat satu kali," jelasnya. (eh)

Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, 3 Orang Jadi Korban
Manchester United

Prediksi Semifinal Piala FA: Coventry City vs Manchester United

Duel Coventry City vs Manchester United dalam Semifinal Piala FA di Stadion Wembley, Minggu 21 April 2024, pukul 21.30 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024