Pansel Akan Cari 8 Calon Pimpinan KPK

Seleksi calon Pimpinan KPK
Sumber :
  • ANTARA/Prasetyo Utomo

VIVAnews - Panitia Seleksi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak mempermasalahkan putusan Mahkamah Konstitusi yang menyatakan Busyro Muqoddas dapat menjabat sebagai pimpinan KPK selama empat tahun.

"Dengan adanya putusan MK, Pansel akan menyesuaikan diri," kata Sekretaris Pansel, Achmad Ubbe, di gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin 20 Juni 2011.

Ubbe menambahkan, Pansel KPK akan membicarakan teknisnya dalam rapat pleno Pansel pukul 14.00. Rapat ini akan membahas mengenai jumlah calon pimpinan KPK yang akan dipilih Pansel.

"Akan diselesaikan dalam pleno. Seharusnya kan Pansel mencari 10, dengan adanya putusan ini berarti Busyro sudah mendapat kursi pimpinan, jadi Pansel menyesuaikan dan tinggal mencari delapan orang," ujarnya.

Wakil Direktur YLBHI, Alvon Kurnia Palma, menyatakan berdasarkan putusan MK tersebut maka Busyro Muqoddas akan tetap menjadi Ketua KPK dan tidak perlu mendaftar lagi ke Pansel.

"Berdasarkan azas kepastian hukum dan keadilan maka bagi Pak Busyro tidak diberlakukan pasal ini dan dia berlanjut sampai ke depan. Jadi Pansel KPK hanya akan memilih 4 orang pimpinan KPK ke depan," ujarnya.

Alvon menambahkan, untuk menjamin kepastian hukum, maka perlu ada Keputusan Presiden baru yang menyatakan masa jabatan Busyro Muqoddas adalah empat tahun.

"Artinya Kepres yang menyatakan bahwa masa jabatan Busyro satu tahun itu dieliminasi dengan adanya putusan MK ini. Untuk itu seluruh lembaga negara wajib menjalankan putusan Mahkamah Konstitusi karena ini bersifat final dan mengikat," terangnya.

Ramalan Zodiak Rabu 24 April 2024, Sagitarius: Hubungan dengan Kekasih Tidak Sehat Hari Ini
Krisis Gaza Makin Dalam Saat Kuburan Massal Ditemukan di Gaza

340 Mayat Ditemukan di Rumah Sakit Gaza yang Hancur, PBB Menuntut Penyelidikan Independen

Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Selasa 23 April 2024 menyerukan penyelidikan internasional terhadap laporan kuburan massal di dua rumah sakit Gaza yang hancur

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024