Garuda Beli 50 Pesawat Airbus Baru

Maskapai Garuda Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - PT Garuda Indonesia Tbk menandatangani pembelian 50 pesawat jenis A320 Family dengan Airbus Industrie. Pesawat itu akan didatangkan secara bertahap mulai 2014 hingga 2018 yang akan digunakan untuk Garuda Citilink.

Penandatanganan nota kesepahaman tersebut dilaksanakan oleh Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar, dan Chief Operating Officer Airbus John Leahy, di paviliun Airbus di Le Bourget Paris, bertepatan dengan acara pameran dirgantara internasional Paris Airshow 2011.

Sesuai nota kesepahaman, Garuda Indonesia akan mendatangkan sebanyak 50 pesawat jenis A-320 yaitu 25 pesawat berupa “firmed order” dan sebanyak 25 pesawat berupa “option”.

Sebanyak 25 pesawat itu terdiri atas 15 A-320 Standar dan 10 pesawat A-320 Neo, dan akan bergabung dalam armada Garuda Citilink secara bertahap mulai 2014 hingga 2018, masing–masing sebanyak 5 pesawat setiap tahun.

Menurut Emirsyah Satar, pembelian 50 pesawat ini merupakan bagian dari program pengembangan Garuda Citilink ke depan, yaitu meningkatkan kapasitas daya saing Citilink untuk meraih pasar low cost yang semakin meningkat.

Prabowo Subianto Minta Maaf Karena Nakal: Saya Minta Maaf ke Senior Karena Bikin Repot

"Itu untuk mengembangkan potensi pasar Garuda Citilink yang setiap tahun berkembang cukup pesat, di tengah meningkatnya pasar penumpang low cost di domestik dan regional," ujarnya.

“Pesawat A-320 sangat cocok bagi penerbangan low cost karena keandalan dan kenyamanannya, serta lebih efisien,” tambah Emir.

Untuk pengembangan dan modernisasi armada, Garuda juga membeli dua “flight simulator” masing–masing satu simulator jenis A330-200 dan satu simulator jenis B-737-800 NG dari CAE. Dua simulator tersebut merupakan jenis CAE 7000 Level D dan CAE Tropos 6000. 

Pembelian simulator tersebut dimaksudkan guna mendukung operasional penerbangan Garuda Indonesia, khususnya untuk melaksanakan training bagi para pilot Garuda Indonesia.

“Kerja sama pengadaan simulator A330-200 dan B-737-800NG dengan CAE ini akan membantu Garuda Indonesia dalam memenuhi ketersediaan pilot secara tepat waktu," tuturnya.

Selain itu, simulator ini akan memberikan para pilot Garuda Indonesia pelatihan terbaik di Garuda Indonesia Training Center, Jakarta. (art)

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

Kondisi Mayat Perempuan Dalam Koper di Cikarang Bekasi: Kepala Remuk Bibir Pecah

Jasad perempuan berinisial RM (50) ditemukan dalam koper di semak-semak kawasan Cikarang, Kabupaten Bekasi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024