Makanan Sehat untuk 'Investasi' Hari tua

Salmon
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Siapa yang tak ingin tetap sehat hingga masa tua nanti. Setiap orang pasti mendambakan hidup yang berkualitas hingga di ujung usia. Menurut penelitian, orang yang menjalani diet seimbang, tidak merokok, dan berolahraga secara teratur bisa menikmati umur panjang dengan penuh kebugaran.

Tips berikut ini mungkin bisa membantu Anda menjaga kesehatan hingga masa tua nanti. Seperti dilansir dari laman Times of India, berikut makanan sehat untuk bekal di masa tua Anda dan keluarga.

- Untuk tulang sehat
Konsumsi keju bukan saja untuk kaum muda. Mengonsumsi keju sejak dini bisa menjadi investasi kesehatan tulang di masa tua nanti. Keju mengandung kalsium tinggi yang bermanfaat untuk tulang. Untuk itu, tambahkan selalu makanan berkalsium dalam menu harian Anda. Atau, jadikan sebatang keju sebagai camilan di waktu sibuk dan santai.

- Untuk otot

Sebagai makanan ringan yang mudah dan cepat disajikan pilihlah protein kedelai. Bisa berupa susu atau makanan lain yang mengandung kedelai lainnya seperti tempe atau tahu.

- Untuk mata
Konsumsilah makanan yang bermanfaat menyehatkan indera penglihatan Anda hingga masa tua. Bayam mengandung lutein dan zeaxanthin, yang baik untuk kesehatan mata. Lutein adalah nutrisi yang terdiri dari karetenoid, bersama dengan zeaxanthin, termasuk dalam kelas xantophil yang bisa menyehatkan mata Anda. Sumber lutein bisa diperoleh dari sayur, buah dan suplemen.

- Untuk jantung

Sebagian orang mungkin tidak tahu kalau popcorn adalah gandum utuh yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker. Popcorn juga mengandung serat tiga kali lebih banyak dibandingkan biji bunga matahari, serta membuat Anda kenyang lebih lama.

Fungsinya juga bisa menyeimbangkan kadar gula darah sehingga Anda terhindar dari perubahan suasana hati atau mood buruk. Popcorn juga dapat menekan kolesterol jahat yang dikenal dengan LDL. Bahkan, camilan favorit ini, mengandung vitamin B yang dapat mendorong tingkat energi. Yang perlu diingat, manfaat tersebut bisa berubah menjadi berbahaya jika ditambahkan garam atau gula berlebihan.

- Untuk otak

Rajin mengonsumsi ikan salmon bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan otak. Pikiran Anda bisa jadi lebih tajam termasuk saat usia mulai renta. Banyak penelitian medis menunjukkan, jenis ikan yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 seperti salmon sangat bagus untuk otak. Pasalnya, asam lemak omega-3 dalam ikan dapat menyokong fungsi sel saraf otak dan bermanfaat  meningkatkan memori otak.

Sikap positif dan aktivitas fisik secara teratur juga kunci untuk menjaga kesehatan yang baik pada usia berapa pun. Hal ini juga penting untuk bekal kesehatan di hari tua. Mulailah mengonsumsi makanan sehat sejak sekarang, demi hari tua yang sehat. (eh)

Profil Meli Joker Selebgram yang Tewas Bunuh Diri
Pendeta Gilbert Lumoindong

Pendeta Gilbert Akan Dilaporkan Lagi Jika Tak Sampaikan Permintaan Maaf Lewat Media

Ketua Umum PITI Ipong Hembing mengatakan pihaknya akan melaporkan pendeta Gilbert ke polisi jika tak sampaikan permintaan maaf ke media massa selama 3 hari berturut-turut

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024