Gudang Isi Gas Meledak, 5 Pekerja Terluka

Ledakan Gas
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Sebuah ledakan besar terjadi di gudang pengisian gas aceteline milik PT Mega Sribakti Gas di Jalan Besar Namorambe, Desa Batu Penjemuran, Kecamatan Namorambe Deliserdang. Bunyi ledakan terdengar hingga radius ratusan meter. Lima pekerja langsung terlempar dari gudang yang porak poranda itu.
 
Luka paling parah dialami pekerja bernama Tino yang saat itu berada paling dekat dengan sumber ledakan yang terjadi Kamis 23 Juni 2011 siang. Wajah dan badannya melepuh akibat disambar semburan api dari gas.
 
Sementara Firman, rekannya, ikut terlempar dan hanya mengalami luka ringan. Tangan dan kakinya sedikit melepuh, kepala terluka akibat kejatuhan reruntuhan puing genting. Tiga rekan mereka yang lain juga bernasib sama seperti dia.
 
Kelima korban langsung dibawa ke Rumah Sakit Mitra Sejati Jalan AH Nasution, Medan. Tino saat ini masih menjalani perawatan di ruang Intensif Care Unit akibat luka bakar serius ditubuhnya yang diperkirakan mencapai 70 persen.
 
Sugio, mandor gudang yang selamat, menyatakan, saat itu sebenarnya pengisian gas yang biasa digunakan untuk pengelasan  telah selesai. "Si Tino, korban luka bakar, saat itu sudah menutup semua saluran pengisian," tukas Sugio.
 
Dia tidak tahu kenapa terjadi ledakan, padahal semua saluran pengisian gas telah mati. Dia menduga kemungkinan masih ada gas bocor dan terjadi percikan api. "Nggak mungkin meledak kalau tak ada gas dan percikan api," duganya.
 
Dia, yang saat itu berada di rumah terdekat dari ledakan, segera menuju lokasi dan melihat api yang masih menyambar. Genting atap gudang yang ambruk menimbulkan debu hingga menutupi pemandangan, menyebabkan dia kesulitan melihat korban.
 
"Waktu ledakan reda kulihat si Tino wajah dan badannya melepuh akibat sambaran panas. Dia yang paling parah. Juga si Firman yang tangannya ikut melepuh," kata dia.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp100 Juta Jadi Tersangka

Menurut Sugio, pengisian gas untuk pengelasan tersebut telah beroperasi sejak 30 tahun lalu. Sejak berdiri baru pertama kali ledakan terjadi.
 
Sementara itu Hendra warga setempat yang ditemui di lokasi kejadian mengatakan, saat ledakan dia berada di rumah yang letaknya lima ratus meter dari lokasi. "Aku waktu itu mau keluar rumah, tiba-tiba dengar ledakan seperti ada suara bom. Sempat goyang juga aku, ada kaca jendela rumahku yang pecah karena ledakan itu," tukas Hendra.
 
Sampai saat ini petugas kepolisian dari Polsek Namo rambe masih melakukan penyelidikan di lokasi kejadian. Guna penyidikan lokasi telah diberi police line.

Laporan: Al Amin | Medan

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension
Erik Ten Hag

Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior

Manajer Manchester United, Erik ten Hag telah mencermati tiga pemain tim U-18 yang menampilkan performa menarik pekan ini. Dia membawa para pemain tersebut gabung latihan

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024