Lima Pusaka Keraton Cirebon Digondol Maling

Keris Indonesia
Sumber :
  • kbri-dakar.org

VIVAnews - Sedikitnya lima benda pusaka bersejarah milik Keraton Kaprobanan Cirebon hilang. Diduga, benda-benda bersejarah itu dicuri pada Kamis malam, 23 Juni 2011.

Namun, kasus pencurian benda pusaka milik kraton Kaprabonan Cirebon ini  baru diketahui sekitar pukul 18.30 oleh keluarga kraton. Pihak kraton terkejur melihat tombak dan keris ternyata sudah tidak ditempat penyimpanannya.

Benda-benda yang hilang tersebut terdiri dari dua keris, satu pedang, dua mata tombak berbentuk trisula, dan kujang berlapis emas.

Abdi dalem keraton Kaprabonan Cirebon, Edi Junaedi mengatakan benda-benda pusaka yang hilang tersebut  memiliki nama dan tahun pembuatannya. Benda tersebut sangat berharga karena memiliki nilai sejarah berdirinya keraton Kaprabonan.

"Selain keris dan tombak, pedang berukuran kurang dari satu meter diperkirakan berusia ratusan tahun juga hilang," katanya.

Sementara itu Raja Keraton Kaprabon Pangeran Raja  Hempi tidak bisa ditemui karena sedang menghadiri acara pameran dan pertemuan Raja Se-Indonesia di gedung Asia Afrika Bandung.

Kapolresta Cirebon, AKBP Asep Edi Suheri SIk, mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut. (ren)

Laporan: Reza Putra|Cirebon.

MK Sebut Minim Pengalaman soal Amicus Curiae di Perkara Sengketa Pilpres
Ilustrasi bunuh diri.

Meli Joker Tewas Bunuh Diri Sambil Live di Instagram, Psikolog Soroti Hal Ini

Bunuh diri adalah tindakan kompleks yang beragam hingga agak sulit menjelaskannya. Beberapa studi penelitian mempertanyakan, soal pandangan seseorang akan hidup dan mati.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024