Jawa Barat Dukung Moratorium Pengiriman TKI

Netty Heryawan berbincang dengan perempuan korban trafficking
Sumber :
  • Humas Pemprov Jawa Barat/ Alif Nur Anhar

VIVAnews - Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mendukung penuh rencana moratorium yang akan diberlakukan pemerintah pusat terkait pengiriman dan penempatan tenaga kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi.

Apabila nantinya pengiriman TKI akan dilanjutkan, harus terlebih dulu melalui kajian mendalam, sekaligus ada perjanjian yang menjamin perlindungan dan keselamatan para TKI di negara tujuan. Selain itu, TKI yang dikirim pun harus memiliki keahlian dengan jenis pekerjaan di sektor formal.

“Jawa Barat mendukung langkah moratorium yang akan diambil Pemerintah Pusat terkait dengan pengiriman TKI keluar negeri," kata Heryawan dalam pernyataan tertulis yang diterima VIVAnews, Jumat, 24 Juni 2011. "Kalaupun ada pengiriman TKI, maka Jawa Barat akan bersikap selektif terhadap bidang kerja TKI."

"Saya berharap setelah moratorium nantinya bisa dilanjutkan dengan kajian mendalam. Apabila nantinya pengiriman TKI mau dilanjutkan harus terlebih dahulu ada MoU yang jelas untuk jaminan keselamatan dan perlindungan para TKI," kata Heryawan. "Kita pun harus dapat memilih ke negara mana TKI akan dikirim, dengan pertimbangan keselamatan dan perlindungan TKI."

Terkait dengan sejumlah kasus pidana yang menjerat TKI, Heryawan mendorong pemerintah pusat untuk menuntaskan permasalahan tersebut melalui jalur hubungan bilateral antar negara. Heryawan menyatakan, Jawa Barat  sangat berkepentingan karena selama ini menjadi pengirim TKI terbesar kedua di Indonesia, setelah NTB.

Wakil Ketua DPD Mahyudin Harap Keberhasilan Timnas Indonesia U-23 Memotivasi Anak Muda Bangsa
Ilustrasi madu

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni

Perlu digarisbawahi bahwa hanya madu murni yang berkhasiat bagi kesehatan, bukan madu yang sudah dicampurkan dengan pengawet atau pemanis

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024