KPK Belum Panggil Paksa Nazaruddin

Bendahara Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews – Hari ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil Muhammad Nazaruddin untuk dimintai keterangan sebagai saksi untuk tersangka Wafid Muharram, atas kasus suap pembangunan Wisma Atlet SEA Games di Palembang. Ini adalah panggilan yang ketiga kalinya bagi mantan Bendahara Umum Demokrat itu, terkait kasus tersebut.

“Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi WM, kasus suap Wisma Atlet,” kata Kabag Pemberitaan dan Media KPK, Priharsa Nugraha, di Jakarta, Senin 27 Juni 2011. Terkait kasus tersebut, sebelumnya KPK telah dua kali memanggil Nazaruddin.

KPK menyatakan, panggilan ketiga untuk Nazaruddin ini bukan pemanggilan paksa. “Panggilan biasa, sebagai saksi,” ujar Priharsa. Seperti diketahui, Nazaruddin telah dua kali mangkir sebagai saksi bagi tersangka Mindo Rosalina Manulang. Kini berkas Rosa telah lengkap dan siap dilimpahkan penyidik ke penuntut umum.

Beberapa waktu lalu, Ketua KPK Busyro Muqoddas menyatakan, KPK telah membentuk tim untuk menjemput Nazaruddin. Tim itu diberi nama ‘Tim Penjemput Fakta.’ KPK memutuskan untuk menjemput Nazaruddin setelah yang bersangkutan mangkir tiga kali dari panggilan KPK – dua kali terkait kasus Seskemenpora soal Wisma Atlet, dan sekali terkait kasus pengadaan barang di Kemendiknas.

Sejak terbang ke Singapura bulan lalu untuk berobat, sampai saat ini Nazaruddin belum kembali ke tanah air. Dari Singapura, Nazaruddin menunjuk pengacara senior OC Kaligis untuk menangani kasus hukum yang menimpanya. Nazaruddin juga beberapa kali buka suara lewat BlackBerry Messenger terkait sejumlah pihak yang menurutnya terkait kasusnya. (eh)

Sosok Abu Shujaa, Komandan Perang Al Quds yang 'Bangkit' dari Kematian
Persib Bandung Vs Borneo FC

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Borneo FC

Duel Persib Bandung vs Borneo FC dalam lanjutan Liga 1 matchday ke 33 di Stadion Si Jalak Harupat, Kamis 25 April 2024, pukul 19.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024