KPK Minta Marzuki Laporkan Mark-up Gedung DPD

Gedung DPR-MPR
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Haryono Umar, mengimbau Ketua DPR Marzuki Alie untuk mengadukan dugaan penggelembungan anggaran pembangunan Gedung Perwakilan DPD yang sebelumnya ia ungkap ke publik, ke KPK.

Bila ada laporan, kata Haryono, maka KPK dapat mempertimbangkan untuk menindaklanjuti dugaan mark-up tersebut. “Kalau punya bukti, sampaikan ke KPK,” kata Haryono di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin 27 Juni 2011.

Haryono menambahkan, laporan soal dugaan penggelembungan anggaran pembangunan Gedung Perwakilan DPD senilai Rp990 miliar itu boleh berasal dari berbagai pihak, tidak hanya Marzuki. Oleh karena itu, ia mempersilakan semua pihak yang memiliki informasi terkait hal tersebut, untuk mendatangi KPK.

“Semua pengaduan masyarakat akan ditanggapi serius. Kalau belum ada aduan, belum bisa ditanggapi,” jelas Haryono. Ia menambahkan, meski Marzuki sudah mengungkap ke publik soal dugaan mark-up itu, namun KPK belum akan meminta keterangan Marzuki. “Tapi kami pertimbangkan. Itu jadi perhatian kita,” kata dia.

Sebelumnya, Marzuki mengaku mendapat bocoran dari internal DPD yang menyebut adanya penggelembungan anggaran dalam proyek pembangunan Gedung DPD di 33 provinsi. Tiap gedung disebut-sebut menghabiskan dana Rp30 miliar.

Marzuki mengatakan, anggaran Rp30 miliar terlalu besar untuk sebuah gedung dengan empat lantai. Dengan anggaran sebanyak itu, politisi Demokrat itu memperkirakan alokasi pembangunan mencapai Rp10 juta per meter. “Padahal rencana pembangunan Gedung Baru DPR setinggi 36 lantai yang mendapat protes keras masyarakat, setiap meternya hanya Rp6 juta,” tutur Marzuki. (eh)

Government Targets on Acquiring 61 Percent Freeport Share
PM Georgia, Irakli Kobakhidze (Doc: Anadolu Ajansi)

Akui Umat Muslim Berkontribusi Besar Bagi Negara, PM Georgia Adakan Bukber

Perdana Menteri Georgia Irakli Kobakhidze mengadakan buka puasa bersama atau makan malam berbuka puasa, pada Kamis, 28 Maret 2024, di Ibu Kota Tbilisi, bersamaan Ramadhan

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024