Bagi Ibu Hamil, Waspada Virus Rubella

Ibu hamil.
Sumber :
  • corbis

VIVAnews - Virus Rubella atau yang akrab dikenal dengan nama penyakit campak Jerman, mulai marak di Indonesia. Virus tersebut sangat mudah menular pada ibu hamil dan berbahaya bagi janin bayi yang ada dalam kandungan.

"Rubella berbahaya bagi janin ibu hamil, karena bisa menyebabkan bayi terkena penyakit katarak, tuli, dan jantung bocor," kata Sunartini, dokter spesialis anak RS Akademik UGM Yogyakarta, kepada VIVAnews.com.

Ia menjelaskan, dari hasil penelitiannya di Yogyakarta, kasus anak yang mengalami demam tinggi dan badannya terdapat bercak-bercak merah, 70 persen positif terkena virus Rubella.

Perbedaan bayi yang terkena penyakit campak biasa dengan Rubella (campak Jerman) indikasinya, kata Sunartini, adalah kalau campak biasa pada bayi terdapat belekan atau sakit mata, batuk-batuk, panas tinggi, badannya bercak-bercak merah tua, dan bisa menimbulkan kematian.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Sementara itu, kalau Rubella, sang bayi tidak batuk, tidak demam tinggi, dan bercak-bercak di badannya berwarna merah muda.

"Rubella menyebar dan menular via udara. Kalau ada bayi yang terkena Rubella, sebaiknya ibu hamil tidak menengok bayi, sebab mudah menular pada janin dalam kandungan," ujarnya. "Bayi yang terkena Rubella bisa sampai satu tahun," tambahnya.

Menurut Sunartini, virus Rubella itu adalah penyakit yang ditemukan di Jerman. Di wilayah DIY, anak yang terkena Rubella terdapat di pantai Sundak, Kabupaten Gunungkidul.

Sebab, di pantai Sundak itu banyak turis-turis asing yang berwisata. Diduga, melalui turis-turis asing tersebut virus Rubella menular. "Setelah saya amati, ternyata di pantai Sundak itu banyak bule-bule," ungkapnya.

"Bayi yang paling banyak terkena Rubella di Indonesia adalah di Yogyakarta dan di Provinsi Jawa Tengah bagian selatan," jelasnya.

Selain itu, Sunartini menganjurkan vaksinisasi Rubella di usia 15 bulan, 6 tahun, 12 tahun, dan 18 tahun. "Khusus buat remaja perempuan yang rentan hamil di usia dini agar divaksin, serta perempuan yang akan menikah, sebelum menikah harus divaksin Rubella dulu, karena kalau tidak bisa berdampak pada janin bayi," jelasnya. (art)

Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan

Laporan: Erick Tanjung l Yogyakarta

Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024