Kebakaran Mal di Makassar, 2.500 Kios Ludes

Kebakaran Universitas Riau
Sumber :
  • Antara/FB Anggoro

VIVAnews - Kebakaran hebat meludeskan bangunan Makassar Mall pertama di Makassar, Selasa dini hari, 28 Juni 2011. Bangunan berlantai empat itu juga ikut melalap Gerai Matahari Department Store, yang dikenal sebagai gerai pertama di Makassar.

Sekretaris Asosiasi Pedagang Makassar Mall, Akbar, mengatakan api yang membakar bangunan sekitar pukul 00:00 WITA itu tidak menyisakan satu lantai pun. "95 persen dilalap api, dan menyisir ke seluruh kios termasuk Matahari Department Store yang berada di lantai 3," kata Akbar kepada VIVAnews.com di lokasi kejadian.

Akbar menjelaskan, Matahari Department Store itu mulai menempati Makassar Mall sekitar awal 1990-an dan hingga kini bertahan di tempat tersebut.

Selain Matahari Department Store, api tersebut juga meludeskan sebanyak 2.500 kios milik pedagang. Mereka menempati lantai basement hingga lantai 2.

Menurut Akbar, bangunan seluas 2,5 hektare itu terdiri atas lantai basement yang diisi oleh barang kelontong, aksesoris, dan mainan anak-anak. Kemudian lantai satu, 90 persen pakaian jadi, lantai 2 diisi oleh pedagang tekstil dan pecah belah, sedangkan lantai 3 diisi oleh Matahari Department Store.

Saat ini, pemadam kebakaran belum berhasil menguasai api. Puluhan unit pemadam kebakaran yang hilir mudik hanya menyiram api dari pinggir bangunan Makassar Mall. Mereka terlihat kesulitan memasuki kios-kios di bangunan tersebut.

Belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran di pasar yang lebih dikenal dengan Pasar Sentral itu. Informasi yang dihimpun, sumber api masih simpang siur. Sejumlah saksi menyebut, sumber api berasal dari Matahari Department Store. Namun, sumber lain menyatakan api berasal dari blok B lantai dua, dari kios pakaian jadi. (art)

Laporan: Rahmat Zeena l Makassar

KPK: Sahroni Sudah Kembalikan Aliran Dana Rp 40 Juta dari SYL yang Mengalir ke Nasdem
Jollof Rice

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

Tak hanya di Indonesia yang punya menu khas unik untuk disantap saat berbuka puasa. Umat muslim di berbagai belahan dunia lainnya, juga punya menu unik untuk buka puasa

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024