Scarf Motif Laut Seharga Rp41 Miliar

Motif scarf Oceanie
Sumber :
  • Vogue UK

VIVAnews - Jangan mengira kalau scarf koleksi Hermes merupakan scarf yang paling mahal. Sebuah scarf baru saja terjual di balai lelang Christie, London, dengan harga US $4,8 juta atau Rp41 miliar.

Apa yang membuat scarf ini harganya selangit? Ternyata scarf dengan label Ascher London itu, dirancang oleh seniman ternama, Henri Matisse.

Seperti dilansir dari Vogue UK, saat itu Zika Ascher, sang pendiri label, pergi ke Paris pada 1946 demi bertemu sejumlah seniman ternama seperti Pablo Picasso, Henry Moore, termasuk Henri Matisse untuk meminta desain scarf. Ia lalu mendapatkan desain dari Matisse, yang kemudian menciptakan motif scarf yang diberi nama Oceanie.

Motif tersebut berbentuk binatang laut yang abstrak, inspirasinya datang setelah Matisse kembali dari perjalanannya ke Tahiti pada 1940. Saat itu scarf dengan motif Oceanie, hanya dicetak 30 lembar. Desain asli motif dalam skala besar dibiarkan menggantung di studio Matisse.

"Saya pikir ini adalah hasil orisinalitas dari proyek Ascher Artist Squares dan tentu saja kejeniusan Matisse," kata Sam Ascher, direktur kreatif dari Ascher London, yang juga cucu dari Zika Ascher. (eh)

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara
Ketum PSS Erick Thohir bersama Emil Audero Mulyadi

Blak-blakan, Ketum PSSI Erick Thohir Ungkap Pembicaraan dengan Emil Audero

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, blak-blakan soal pertemuan dengan kiper Inter Milan, Emil Audero. Akankah Emil akan jadi pemain naturalisasi Timnas Indonesia terbaru.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024