Pekan Ini Bursa Indonesia Tembus Level 4.000?

Sejumlah pialang mengamati pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia
Sumber :
  • ANTARA/Prasetyo Utomo

VIVAnews - Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia diprediksi bergerak positif pekan ini, Senin-Jumat (4-8 Juli 2011) seiring sentimen positif di dalam maupun luar negeri.

"IHSG selama sepekan ini akan bergerak di kisaran 3.890-4.050. Artinya, ada peluang menembus level tertinggi baru dalam sejarah di 4.000," kata Pardomuan Sihombing, Head of Research PT Recapital Securities saat dihubungi VIVAnews.com di Jakarta, Senin 4 Juli 2011.

Menurut Pardomuan, penyelesaian masalah utang Yunani, kenaikan peringkat Indonesia oleh lembaga predikat asing, dan stabilnya harga komoditas dunia menjadi sentimen positif yang datang dari luar.

"Sedangkan melambatnya tingkat inflasi dan ekspektasi kinerja kuartal II-2011 yang baik dari emiten-emiten di bursa menjadi pendorong penguatan IHSG dari dalam negeri," kata dia.

Untuk itu, Pardomuan mengaku saham-saham berkapitalisasi pasar besar atau unggulan tentunya menarik untuk dikoleksi.

Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

Saham-saham itu antara lain PT Astra International Tbk (ASII), PT Gudang Garam Tbk (GGRM), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bumi Resources Tbk (BUMI), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), dan PT Semen Gresik Tbk (SMGR).

"Sentimen positif ini juga menjadi salah satu faktor kesuksesan perusahaan yang berencana IPO (menawarkan saham perdana) di bursa," ujar Pardomuan.

Sementara itu, PT Mega Capital Indonesia mengungkapkan, IHSG pada akhir pekan lalu, Jumat 1 Juli 2011 berhasil mencapai rekor tertinggi baru pada level 3.956 sebelum akhirnya ditutup pada level 3.927.

Penguatan itu didorong sentimen positif indeks bursa global yang menguat karena telah diloloskannya paket penghematan oleh parlemen Yunani yang menimbulkan optimisme investor akan berakhirnya krisis di Yunani.

Sedangkan sentimen domestik, menurut sekuritas tersebut, meski inflasi Juni tercatat sebesar 0,55 persen (Month to Month) atau lebih tinggi dari bulan sebelumnya yang sebesar 0,12 persen tapi inflasi tahunan (Year on Year), turun menjadi 5,54 persen dari bulan sebelumnya 5,98 persen.

Bright Vachirawit Konfirmasi Hubungan Asmaranya dengan Nene Pornnapan

Ditambah, nilai tukar rupiah yang selama sepekan lalu menguat 0,61 persen karena ditutup pada level Rp8.543 per dolar AS. (ren)

Mantan Direktur Utama (Dirut) RSUP H. Adam Malik berinisial BP saat dilakukan penahanan.(istimewa/VIVA)

Dugaan Korupsi Rp 8 Miliar, Kejari Medan Tahan Eks Dirut RSUP Adam Malik

Mantan Direktur Utama (Dirut) RSUP HajiĀ Adam Malik berinisial BP ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan korupsi yang menimbulkan kerugian negara hingga Rp 8 M.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024