Pemilu 2014, DPR Cek Kesiapan Daftar Pemilih

DPT Pilpres
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews – Komisi II DPR yang menangani soal pemilu, siang ini akan menggelar rapat dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil guna membahas kesiapan daftar pemilih menjelang Pemilu 2014. Pembahasan itu merupakan bagian dari penyempurnaan revisi Undang-undang No. 22 Tahun 2007 tentang Penyelenggara Pemilihan Umum.

“Kami mengundang Dirjen Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk melihat kesiapan daftar pemilih untuk Pemilu 2014,” kata Wakil Ketua Komisi II, Abdul Hakam Naja, kepada VIVAnews, Senin 4 Juli 2011. Menurutnya, daftar pemilih yang akan dicek siang ini adalah Daftar Pemilih Sementara. Nantinya, daftar tersebut akan dimutakhirkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Hakam mengingatkan, Pemilu 2009 lalu diwarnai dengan kisruh DPT di berbagai daerah. Oleh karena itu, kata dia, saat ini DPR harus disempurnakan dan dipersiapkan dengan lebih matang. Komisi II juga akan mendata jumlah penduduk di Indonesia, dan berapa di antaranya yang mempunyai hak memilih dalam Pemilu. Sampai saat ini, tutur Hakam, masih ada kesimpangsiuran soal data penduduk.

“Menurut data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, penduduk Indonesia berjumlah 260 juta orang. Tapi berdasarkan data Badan Pusat Statistik, penduduk Indonesia berjumlah 237 jiwa. Jadi ada selisih di sini,” papar Hakam. Hal-hal seperti ini, menurutnya, harus dibereskan sebelum pemilu digelar.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi  menyatakan, pemerintah akan segera menerapkan SIN (Single Identity Number) atau nomor identitas tunggal, sebagai solusi atas polemik DPT. SIN yang digunakan untuk menghindari duplikasi identitas, saat ini masih dalam proses perkembangan. (ren)

Densus 88 Polri Tangkap 7 Terduga Teroris di Sulteng
Ridwan Kamil dan Raffi Ahmad

Terungkap Perbedaan Alasan Ridwan Kamil dan Raffi Ahmad yang Putuskan Adopsi Anak

Ridwan Kamil dan Raffi Ahmad Nagita Slavina sama-sama dikenal karena telah mengadopsi seorang anak, yang menjadi sorotan publik dan mempunyai alasan tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024