Rempah 'Pedas' Menyehatkan

cabai terpedas di dunia
cabai terpedas di dunia
Sumber :
  • telegraph

VIVAnews - Terlepas dari nikmat dan sifatnya yang menagih, makanan pedas memiliki manfaat bagi kesehatan. Tak hanya cabai, rasa pedas itu umumnya juga tersaji di mulut lewat sentuhan rempah lain seperti jahe. Selain dua rempah itu, masih ada sejumlah rempah 'hangat' yang juga memiliki efek positif bagi tubuh.

Berikut sejumlah rempah 'pedas' dan 'hangat', yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti dikutip dari Times of India:

Cabai
Memiliki efek positif untuk mengobati gangguan persendian. Sebuah penelitian mengungkap bahwa kandungan capsaicin dalam cabai memiliki sifat antiperadangan yang dapat membantu pembengkakan dan nyeri sendi.

Asal tidak berlebihan, mengonsumsi makanan pedas bisa meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh dan membantu kerja jantung, bahkan mengurangi risiko kanker.

Jahe
Mengandung antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari berbagai gangguan penyakit. Kehangatan rempah ini juga memberi efek menenangkan untuk mengatasi gangguan perut dan sistem pencernaan. Jahe juga baik untuk mengatasi mual yang berkaitan dengan gangguan kehamilan, atau mabuk perjalanan.

Kayu manis
Memberikan perlindungan tubuh terhadap ancaman diabetes tipe 2 dan serangan jantung. Sebuah studi menemukan bahwa setengah sendok teh kayu manis dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah, kolesterol, dan trigliserid.

Bawang putih
Berperan meningkatkan kualitas kesehatan. Konsumsi secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserid sekitar 10 persen.

Minyak cengkeh
Cukup populer untuk perawatan akibat gangguan gigi, sekaligus sebagai antiseptik yang mampu menyegarkan pernapasan. Kandungan utama minyak ini, yaitu eugenol, memiliki sifat antiperadangan dan dapat membantu mengatasi kekakuan dan gangguan sendi. Sifatnya yang hangat juga efektif mengurangi gangguan lambung dan pencernaan.