Alasan Istana Rahasiakan Nazaruddin

Mohammad Nazaruddin memberikan keterangan pers.
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah mengetahui Muhammad Nazaruddin tidak lagi berada di Singapura. Namun, Istana masih enggan membeberkan dimana tersangka suap Wisma Atlet itu berada.

Staf Khusus Presiden Bidang Hukum, HAM dan Pemberantasan KKN, Denny Indrayana, menyatakan jika keberadaan Nazaruddin diumumkan, maka akan menyulitkan penyidikan yang tengah dilakukan.

"Kalau kami mengejar buronan, maka tidak semua informasi diberitakan. Kalau informasi sampai ke media, akan mudah lari lagi dia," kata Denny saat berbincang dengan VIVAnews.com, Selasa 5 Juli 2011 malam.

Denny pun mencontohkan, pemerintah juga merahasiakan operasi saat membebaskan sandera MV Sinar Kudus dari perompak Somalia. Menurutnya, jika saat itu operasi dibeberkan, maka akan membahayakan para sandera yang merupakan WNI.

Denny menegaskan, sampai saat ini pemerintah terus berkoordinasi dengan KPK mengenai menghadirkan Nazaruddin kembali ke Indonesia. "Kami masih terus bekerja, dan tunggu saja hasilnya," ujarnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Kepresidenan, Julian Aldrin Pasha, menyatakan SBY sudah mengetahui Nazaruddin tidak lagi berada di Singapura. "Sudah dilaporkan. Presiden telah menginstruksikan di bawah koordinasi Menko Polhukam untuk terus memantau perkembangan."

Ketika dikonfirmasi, apakah SBY sebenarnya sudah mengetahui keberadaan Nazaruddin? Julian tidak menjawab jelas. "Yang diperintahkan presiden adalah membawa segera Nazaruddin kembali ke tanah air untuk memenuhi proses hukum yang bersangkutan," kata dia.

Seperti diketahui, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Singapura memastikan bahwa Nazaruddin tidak berada di Singapura. "Nazaruddin tidak berada di Singapura dan sudah cukup lama tidak lagi berada di sini." Informasi tersebut, telah diberitahukan kepada pemeerintah Indonesia sebelum Nazaruddin di tetapkan sebagai tersangka.

Namun, pernyataan Singapura itu dibantah bekas Bendahara Umum Partai Demokrat itu. "Saya di Sing (Singapura)," kata Nazaruddin dalam pesan BlackBerry Messenger. (adi)

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto

Jokowi Tunjuk Menko Airlangga Jadi Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD, Intip Tugasnya

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, sebagai Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024