"Whistle Blower Bisa Dapat Hukuman Ringan"

Agus Condro
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum mendatangi Mahkamah Agung. Dalam pertemuan itu, mereka membahas perlakuan terhadap justice kolabolator yaitu pelapor pelaku seperti Agus Condro.

"Jadi perlu dipikirkan penanganan khusus untuk mereka yang melakukan tetapi juga melaporkan," kata Ketua Satgas Pemberantasan Mafia Hukum, Kuntoro Mangkusubroto, usai pertemuan di Gedung MA, Jakarta, Rabu 6 Juli 2011.

Menurut Kuntoro, pelapor pelaku seharusnya mendapatkan hukuman yang lebih ringan dibandingkan yang lain. "Sekarang ini kan masih belum dibedakan antara pelaku dan pelaku pelapor. Anda bisa lihat hukuman Agus Condro kan hanya beda sedikit, 2 bulan. Tentunya dalam pembahasan nanti hukuman yang diberikan kepada Agus Condro mesti jauh lebih ringan dibandingkan yang lain," ujarnya.

Satgas dan MA juga sangat serius melihat masalah ini karena kasus besar itu tidak akan terbuka kalau tidak ada pelaku pelapor seperti Agus Condro. "MA juga positif sekali menanggapi ini," tutur dia.

Satgas juga menyampaikan mengenai rencana-rencana aksi yang sudah diterbitkan dalam bentuk Inpres nomor 9 tentang pemberantasan korupsi untuk bisa diimplementasikan bersama-sama dengan lembaga-lembaga lain.

"Beliau juga tadi sempat menyinggung masalah penangkapan hakim. Tetapi tadi tidak secara khusus dibahas," jelasnya.

Seperti diketahui, pada 16 Juni, Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi memvonis Agus Condro selama 15 bulan penjara. Hukuman ini lebih rendah dibanding rekannya sesama anggota DPR periode 1999-2004.

Majelis hakim menilai tidak ada hal yang memberatkan bagi Agus Condro. Dia mendapat keringanan hukuman karena dinilai telah menyesali perbuatannya menerima cek pelawat tersebut dan menyerahkannya ke penegak hukum. "Terdakwa telah membantu mengungkap kasus ini," jelas hakim.

Agus Condro cs didakwa karena menerima cek pelawat usai pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia. Saat itu, Miranda Swaray Goeltom terpilih menjadi Deputi Gubernur Senior periode 2004-2009. (umi)

OJK Reveals Tips to Manage Finance for Housewife
Wuling Cloud EV di IIMS 2024

Konsumen Bisa Jajal Langsung Wuling Cloud EV di PEVS 2024

Pabrikan otomotif asal China, Wuling akan memeriahkan pameran PEVS 2024 dengan menampilkan lini kendaraan listrik, salah satunya Wuling Cloud EV.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024